nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UNS Fasilitasi Alumni PMW lewat Program Inkubator Bisnis

Fakhri Rezy, Jurnalis · Sabtu 07 September 2019 13:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 07 65 2101848 uns-fasilitasi-alumni-pmw-lewat-program-inkubator-bisnis-NNY3qcgzx7.jpg UNS Business Match (UNS)

JAKARTA - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengelar pertemuan Business Matching 2019 antara Inkubator Bisnis (IB) UNS dengan beberapa calon mitra yang potensial. Kegiatan ini digelar di UNS Inn, Jumat (6/9/2019).

Kepala Inkubator Bisnis UNS, Dr. Yuniawan Hidayat mengatakan, Business Matching merupakan proses peminangan antara dua pihak bisnis yang diberikan suatu lembaga berdasarkan pesanan klien untuk mencari mitra bisnis, memperlancar perdagangan dan memfasilitasi permodalan.

 Baca juga: UNS Buka Prodi Pengelolaan Hutan

"Saat ini IB UNS mendapatkan fasilitas pengembangan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang dengan ini diharapkan ekosistem startup yang ada di lingkungan Surakarta secara khususnya UNS bisa lebih berkembang," terang Yuniawan di sela- sela acara.

 UNS Businesss Match (UNS)

Dalam pertemuan Business Matching 2019 ini, IB UNS menghadirkan Kepala Subdirektorat Lembaga Inkubator dan Intermediasi Teknologi Kemenristekdikti, Dr. Ferry Rahmadhan, Trainer Infodev dan Pendamping IB UNS, Deva Primadia Almada, M.Psi, Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia dan Pendamping IB UNS, Ir. I Wayan Dipta MSc dan Kepala IB UNS, Dr. Yuniawan Hidayat.

 Baca juga: Berawal dari Acungan Tangan, Kenita Dapat Beasiswa ke China

Kepala Subdirektorat Lembaga Inkubator dan Intermediasi Teknologi Kemenristekdikti, Dr. Ferry Rahmadhan mengatakan, fasilitas yang diberikan di tahun 2019 terdiri dari 20 penguatan dan pengembangan lembaga inkubator bisnis khusus teknologi ditambah dengan 5 penguatan terhadap pendirian inkubator bisnis yang baru.

“UNS adalah salah satu dari 20 lembaga IB yang kami fasilitasi dengan mendapatkan anggaran kurang lebih Rp 300 juta. Dan selanjutnya anggaran Rp 300 juta itu intinya adalah untuk penguatan ataupun dalam bentuk program dan perlu digarisbawahi anggaran tersebut tidak boleh digunakan atau dialihkan kedalam pembiayaan lain misal riset bagi dosen," ujar Ferry Rahmadhan disela-sela wawancara.

 Baca juga: Raih Medali di Pekan Ilmiah Nasional, Mahasiswa UNS Dapat Beasiswa

Beberapa kegiatan penguatan lembaga IB yang mereka lakukan misalnya workshop pembuatan bisnis plan, bisnis Canvas dan model Standard Operasional Prosedur (SOP) termasuk pelaksanaan kegiatan Businnes Matching serta mempertemukan tenant IB dengan mitra.

Dalam pertemuan Business Matching 2019 ini, tenant merupakan lulusan dari Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) oleh Pusat Pengembangan Kewirausahaan (PPKwu) LPPM UNS yang berhasil kemudian di Inkubasi oleh IB UNS agar bisnisnya tetap tumbuh dan berkembang.

"Kegiatan Business Matching IB UNS mendatangkan 9 calon mitra untuk 8 tenant dari IB. Yang pertama ini menghasilkan 24 Diskusi bisnis dan 13 Letter of Interest yang berhasil direkap oleh Tim IB UNS," tambah Yuniawan.

Dalam pertemuan IB UNS, calon mitra Tenant diantaranya Amigo Group, Yayasan Al Abidin, Ganeps, Farid Sunarto, KJKS BMT Mitra Mandiri, Yayasan Insan Mandiri, BCA, PT. Surakarta Sarana Ventura dan Lazis UNS. Kegiatan Business Matcing ini dapat dikategorikan sukses dilakukan terlihat dari Seluruh tenant berhasil mendapatkan mitra untuk dilaksanakanya diskusi lebih lanjut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini