nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Ide Isi Waktu Liburan Kuliah, Nomor 5 Bisa Jadi Duit

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Kamis 12 September 2019 06:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 10 65 2103015 7-ide-isi-waktu-liburan-kuliah-nomor-5-bisa-jadi-duit-7dpYbYDNPf.png Rencanakan Liburan Kuliah. (Foto: Okezone.com/Hercampus)

JAKARTA - Liburan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh mahasiswa. Tak heran banyak mahasiswa telah merencanakan jauh-jauh hari untuk agenda liburannya.

Akan tetapi, tak sedikit pula mahasiswa yang bingung bagaimana dan ke mana menghabiskan waktu liburannya. Berikut tips yang bisa kamu pertimbangkan untuk memaksimalkan waktu liburan kuliah, melansir dari Hercampus, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Baca Juga: Mahasiswa RI di AS Kenalkan Tradisi Minum Jamu

1. Buat Daftar Apa Saja yang Ingin Kamu Lakukan

Memiliki segudang rencana tekadang membuat kamu menjadi bingung ingin melakukan hal yang mana terlebih dahulu. Jangan bingung, kamu bisa membuat sebuah daftar yang berisikan hal-hal apa saja yang ingin kamu lakukan.

Kampus

Daftar tersebut bisa memudahkanmu untuk mengetahui, mengurutkan dan menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Kamu juga bisa memprioritaskan hal apa saja yang sekiranya harus dilakukan terlebih dahulu dibandingkan dengan yang lain. Jika kamu menemukan hal baru, kamu bisa menambahkannya ke dalam daftar tersebut.

2. Habiskan Waktu Bersama Keluarga

Selama liburan berlangsung, kamu mungkin akan lebih banyak berpikir untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman. Nyatanya, kamu bisa menghabiskan waktu bersama orang tua, dan saudara-saudara kamu.

Baca Juga: Setelah Lulus Kuliah Tak Kunjung Dapat Pekerjaan Idaman?

Pastikan kamu menyisihkan waktu untuk bisa menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. Bahkan meski hanya sekedar bersantai menonton TV, mengobrol bersama, hingga makan bersama di meja makan. Peristiwa-peristiwa itu yang terkadang dianggap sepele oleh orang-orang. Padahal menghabiskan waktu bersama dengan keluarga bisa menjadi pengalaman yang tak akan pernah kamu lupakan.

Kampus

3. Jelajahi Daerah Sekitar-mu

Tidak perlu repot-repot pergi ke tempat yang jauh untuk berlibur, coba lihat daerah sekitarmu. Kebanyakan orang bahkan jarang menjelajah daerah tempat tinggalnya sendiri dibandingkan daerah lain yang dikenal sebagai tempat wisata. Cobalah datangi kedai kopi yang ada di daerahmu, atau mungkin toko buku, restoran, museum, atau tempat-tempat lainnya yang mungkin kamu sukai. Kamu bisa mencari info terlebih dahulu lewat internet.

Kedai Kopi

Dengan begitu kamu dapat menghemat biaya dengan tetap mendapatkan pengalaman yang tak kalah seru.

4. Baca Buku yang Kamu Suka

Menjadi mahasiswa sering kali dijadikan alasan semakin jarangnya waktu yang dimiliki untuk membaca. Kesibukan di kampus yang cukup menyita waktu memang tak bisa dielakkan. Coba ingat-ingat lagi buku apa saja yang sudah masuk dalam daftar yang ingin kamu baca. Pergilah ke toko buku jika kamu belum memiliki bukunya. Kalau sudah, sisihkan waktu untuk menyelesaikan membaca. Kamu bisa membaca di rumah, di kedai kopi, atau di taman sekitar rumahmu.

5. Cari Pekerjaan yang Kamu Minati

Sebagian orang mungkin lebih memilih menghabiskan waktu liburannya dengan bersantai di rumah, pergi ke alam, atau bahkan keliling dunia. Tetapi, kamu bisa memanfaatkan waktu liburan untuk menambah uang tabunganmu.

Carilah hal yang kamu sukai, lalu temukan pekerjaan yang sesuai dengan kesukaanmu. Jika kamu suka membuat kue, kamu bisa menjual kue buatanmu di media sosial.

Jika kamu senang bermain bersama anak kecil, kamu bisa menjadi pengajar atau pengasuh anak kecil. Sembari melakukan hal yang kamu sukai, kamu juga bisa mendapatkan uang.

Kampus

6. Nonton Konser Sama Teman-Teman

Kamu bisa memanfaatkan waktu liburan untuk menonton konser yang ada di kotamu. Menonton penyanyi atau band favoritmu bernyanyi bisa jadi hal yang menyenangkan dan tak akan terlupakan. Jangan lupa untuk persiapkan tiket jauh hari sebelumnya karena tiket konser akan sangat cepat terjual dalam waktu yang singkat. Nonton bersama teman-teman bisa jadi pilihan. Kamu bisa bernyanyi bersama dan menikmati keseruan selama konser berlangsung.

Konser

7. Jangan Lupa Abadikan Momen Kamu!

Kegiatan apapun yang kamu pilih pada akhirnya, jangan pernah lupa untuk mengabadikan setiap momennya. Kegiatan bersama teman-teman, keluarga, ataupun hanya sendiri bisa menjadi kenangan untuk di waktu selanjutnya. Foto-foto ini nantinya akan jadi bukti yang tertinggal dan bisa kamu nikmati di hari lain. Jika kamu suka, kamu bisa mencetaknya dan memajang foto-foto tersbeut di kamarmu. Akan jadi memori yang tak akan terlupakan!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini