nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lukisan Perawan Maria "Menangis", Gereja di Chicago Dipadati Jemaat

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu 14 September 2019 07:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 13 18 2104515 lukisan-perawan-maria-menangis-gereja-di-chicago-dipadati-jemaat-XEFdmADZcJ.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

CHICAGO - Jemaat paroki dari Gereja Ortodoks Yunani Holy Trinity di Chicago mengatakan telah menyaksikan salah satu ikon gereja yang menggambarkan Perawan Maria “menangis”.

Pendeta gereja, Nicholas Jonas, telah membagikan foto lukisan Perawan Maria dengan jejak cairan mengalir dari matanya di Facebook, dengan caption "Ikon Panagia kami menangis!". Panagia adalah salah satu gelar bagi Perawan Maria yang banyak digunakan oleh Kristen Ortodoks.

Menurut seorang pegawai gereja yang dikutip oleh NBC 5, “tangisan” lukisan itu dimulai pada Minggu, dengan banyak jemaat gereja kemudian berkumpul di sana.

Kejadian yang digambarkan oleh sebagian orang sebagai mukjizat itu terjadi di saat gereja itu terancam tutup karena utang-utangnya. Gereja yang memiliki utang sebesar USD8 juta itu akan menjalani sidang kebangkrutan pekan ini.

Selama setahun terakhir, gereja itu telah berjuang untuk mempertahankan bangunannya. Tetapi, walau ada sumbangan besar yang menyelamatkannya agar tidak dijual pada 2018, tahun ini, gereja sedang berjuang untuk mengumpulkan USD250.000 yang diperlukan untuk tetap bertahan.

Menurut CBS Chicago, beberapa orang percaya bahwa "tangisan" lukisan itu adalah tanda dari Tuhan yang kemungkinan menjanjikan bahwa masalah keuangan gereja akan diselesaikan.

Namun, Gereja Ortodoks Yunani lebih berhati-hati, dan mengatakan bahwa protokol khusus untuk kasus-kasus seperti itu tidak diikuti, karena pastor buru-buru mem-posting pengumuman di Facebook.

“Dalam kasus-kasus seperti itu, klerus Ortodoks tahu untuk segera memberi tahu uskup mereka sehingga ia dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memahami sifat fenomena tersebut. Ketika peristiwa serupa ditemukan di Metropolis di masa lalu, berita tersebut tidak dibagikan sampai berbulan-bulan kemudian untuk mengetahui bahwa apa yang diamati benar-benar merupakan tanda dari Tuhan,” kata gereja dalam sebuah pernyataan yang dilansir Sputnik.

Gereja telah meminta lukisan itu untuk diperiksa. Setelahnya, barulah sebuah pernyataan resmi akan dikeluarkan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini