nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rp382 Juta bagi Siapa pun yang Mau Pindah ke Desa di Italia

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 20:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 13 18 2104603 rp382-juta-bagi-siapa-pun-yang-mau-pindah-ke-desa-di-italia-4oOverhdM4.jpg Desa di Molise, Italia. (Foto/Italy.it)

MOLISE - Orang-orang yang pindah serta tinggal ke sebuah ke desa di Italia akan mendapatkan tetapi ada syaratnya.

Para pejabat di wilayah Molise khawatir dengan penurunan populasi, dan memutuskan untuk melakukan sayembara demi menaikkan angka populasi.

Melansir Mirror, Jumat (13/9/2019) pemerintah menawari 700 euro (sekitar Rp10 juta) per bulan selama tiga kepada siapa pun akan membuka usaha saat pindah ke Molise.

Jika ditotal, pemerintah setempat akan memberikan sekira Rp382 juta selama tiga tahun.

Foto/Flickr

Molise hanya berpenduduk 2 ribu jiwa. Itu terjadi setelah sekitar 9.000 warganya meninggalkan daerah itu dalam lima tahun terakhir.

Presiden wilayah itu Donato Toma mengatakan kepada Guardian bahwa para politisi tidak ingin hanya membuat "gerakan amal".

"Mereka dapat membuka segala kegiatan, toko roti, toko alat tulis, restoran, apa pun,” kata dia.

"Ini adalah cara untuk mengembangkan kota kami sambil meningkatkan populasi," lanjut Donato.

Foto/Mirror

Data kependudukan pada tahun lalu, tidak ada satu pun kelahiran yang tercatat di Molise. Sementara 2.800 orang meninggal atau pindah.

Akibatnya, populasi Italia diperkirakan akan terus menurun di tahun-tahun mendatang.

Tingkat kelahiran yang rendah dan meningkatnya jumlah orang yang pindah ke negara-negara Eropa lainnya menjadi penyebab menurunkan populasi Molise.

Selain uang tunai, pemerintah daerah juga akan memberikan Rp156 juta kepada warga barunya yang memiliki kegiatan dalam bidang budaya dan infrastruktur.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini