nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Naikkan Reputasi Kampus, Menristek Rancang Liga Mahasiswa

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 13:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 13 65 2104363 naikkan-reputasi-kampus-menristek-rancang-liga-mahasiswa-Cs7cliwbeR.jpg Menristekdikti Mohammad Nasir (Foto: Okezone.com/Dok. Kemenristek)

JAKARTA - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir sedang merancang salah satu program yang bisa meningkatkan kualitas mahasiswa untuk menjadi atlet professional. Itu dituangkan dalam rancangan Liga Mahasiswa.

"Saya lagi merancang Liga Mahasiswa. Liga ini sedang kami garap. Kami lagi bicarakan bagaimana pendanaannya, bagaimana caranya, dan saya akan mohon ke Presiden Indonesia," ungkap Menteri Nasir di Ruang Auditorium Gedung Kemenristekdikti, Jumat (13/9/2019).

Baca Juga: Intip Persiapan Pekan Olahraga Mahasiswa di Jakarta

Menurutnya, ini merupakan salah satu hal yang perlu diterapkan di Indonesia. Pasalnya, olahraga itu bisa memberi banyak keuntungan bagi para mahasiswa maupun kampusnya, seperti di luar negeri.

Menristekdikti

"Di luar negeri olahraga bisa meningkatkan reputasi kampus. Apakah Indonesia tidak bisa? Nah mari kita coba. Kita mulai dengan liga mahasiswa ini dulu," tuturnya.

Meski demikian, konsep Liga Mahasiswa masih belum matang. Bahkan, untuk cabang olahraganya masih belum ditentukan, hingga hadiahnya.

Baca Juga: Jelang Pomnas 2019, Menristek Apresiasi Prestasi Atlet UNJ di Ajang Asiang Games

"Apakah cabang olahraga sepak bola, atau basket masih belum tahu. Pokoknya yang bersifat kelompok supaya atletnya bisa saling mengeratkan hubungan antar satu sama lain. Karena kebersamaan itu harus dibangun juga," aku Menteri Nasir.

"Untuk hadiahnya baru kami bicarakan. Kalau beasiswa kami pasti bisa," tambahnya.

Untuk itu,dia mengaku membutuhkan bantuan terutama dari para rektor kampus masing-masing calon atlet. Salah satunya adalah berkaitan dengan dispensasi.

"Kalau mahasiswa yang jurusannya di luar olahraga, pasti terganggu kuliahnya. Saya akan minta rektornya untuk memberi dispensasi. Dispensasi berkaitan dengan kuliahnya, baik itu tugas ataupun yang lain, yang penting bisa bantu mereka agar kuliahnya tidak berantakan," tandasnya.

Perlu diketahui, ajang kompetisi bagi mahasiswa sebenarnya sudah ada, namun di tingkat Asia Tenggara. Ajang tersebut dinamakan ASEAN University Game di mana pertandingan olahraganya hanya dikhususkan bagi perguruan tinggi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini