nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banyak Kehilangan Teman saat Masuk Dunia Kampus? Ini Cara Mengantisipasinya!

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Sabtu 14 September 2019 06:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 13 65 2104479 banyak-kehilangan-teman-saat-masuk-dunia-kampus-ini-cara-mengantisipasinya-ZR8GTvpdKX.jpg Kehidupan Kampus (Foto: Okezone.com/Univerlecco)

JAKARTA - Menjalani perkuliahan di kampus yang berbeda-beda membuat kamu dan teman-teman SMA semakin jarang berinteraksi. Tidak hanya jarak yang terpisah jauh, waktu yang tersita untuk kegiatan kampus membuat kamu semakin sulit untuk bertemu besama teman-temanmu.

Bukan hal yang mudah untuk mempertahankan pertemanan dengan teman SMA saat berada di masa kuliah. Tetapi, cara berikut ini bisa membantu kamu untuk menjaga hubungan baik dengan teman selama berada di masa transisi ke perguruan tinggi, melansir dari Her Campus, Jakarta, Sabtu (14/9/2019).

 Baca juga: Masuki Dunia Kampus, 4 Cara Ini Bikin Pertemanan Jadi Langgeng


Kehidupan kampus (Reuters)

1. Buatlah Kesepakatan Bersama

Beberapa faktor yang mungkin ingin kamu pertimbangkan adalah apakah kamu akan tetap berkomunikasi secara intensif, ataupun hal-hal yang menurut kalian tidak boleh dilakukan. Meskipun ketika berada di SMA temanmu adalah orang yang sangat mengerti dan perhatian, tidak berarti itu pasti akan terjadi di masa kuliah. Aktivitas dan kesibukan yang telah berbeda akan menuntut kamu dan temanmu menjadi lebih dewasa dan mengerti dalam menjalin hubungan pertemanan. kamu mungkin akan lebih jarang berkabar, lebih jarang bertemu, bahkan berbagi cerita. Oleh karena itu, penting untuk membicarakan hal ini untuk meminimalisir terjadinya kesalahpahaman.

2. Komunikasi adalah Kunci

Ungkapan ini mungkin terdengar biasa dan membosankan, tetapi nyatanya komunikasi sering menjadi penyebab dari masalah yang terjadi. Meskipun sedang berada dalam kesibukan, kamu harus tetap menyisihkan waktu untuk saling berkabar.

Baca juga: Sebelum Kuliah Secara Online, Singkirkan 9 Kendala Ini!

Bercerita tentang lingkungan baru di kampus mungkin bisa jadi salah satu topik pembicaraan. Kamu dapat mengobrol melalui telepon, panggilan video, atau sekedar bertukar pesan. Dengan tetap konsisten dan membangun komunikasi yang baik, kamu akan lebih mampu menjaga hubungan dengan teman-teman SMA.

3. Membuat Daftar Kegiatan yang Ingin Dilakukan Bersama

Memasuki jenjang perguruan tinggi mungkin membuat kamu lebih lelah dengan aktivitas yang lebih banyak dibandingkan masa SMA. Jangan khawatir! Masuk ke masa perkuliahan juga berarti pertanda kamu akan mendapat waktu liburan yang lebih lama dibandingkan masa SMA.

Buatlah daftar kegiatan yang ingin kamu lakukan selama liburan bersama teman-teman SMA. Hal ini akan membantu kamu menentukan jadwal. Dengan liburan bisa menjadi obat setelah sekian lama tidak bertemu dan menghabiskan waktu bersama.

4. Tetap Menunjukkan Perhatian

Jarang bertemu bukan berarti menjadi penghalang bagi kita untuk tetap saling menunjukkan perhatian. Sekedar menanyakan kabar juga sudah menjadi hal yang sering tak terpikirkan oleh kita. Ucapan selamat ulang tahun, mengirim surat, hingga kado bisa semakin mengeratkan hubungan pertemanan.

Mau mencoba sesuatu yang unik? Kamu bisa mengirimkan surat kepada temanmu, misalnya di hari spesial-nya. Perhatian kecil seperti ini justru akan lebih diingat dan berarti bagi seseorang, apalagi jika kamu dan temanmu terpisah oleh jarak yang jauh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini