nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Status Kampus Milik Habibie Bakal Diubah Jadi Perguruan Tinggi Negeri

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Minggu 15 September 2019 15:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 15 65 2105095 status-kampus-milik-habibie-bakal-diubah-jadi-perguruan-tinggi-negeri-OKvecVS02K.jpg Kampus ITI Bakal Diubah Jadi PTN (Foto: Okezone)

JAKARTA - Institut Teknologi Indonesia (ITI) Tangerang Selatan (Tangsel) akan segera berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

 Baca Juga: Pesan Terakhir Eyang Habibie di Hakteknas 2018: Anak Muda Indonesia Harus Lebih Hebat dari Saya

Hal itu sesuai dengan amanah yang diterima Menteri Perindustrian (Menperin) Republik Indonesia Airlangga Hartarto dari mendiang Bacharuddin Jusuf Habibie semasa hidupnya.

"Sebelum beliau (Pak Habibie) meninggal, Saya sudah bicara ke Pak Presiden Joko Widodo, bahwa Banten memerlukan sebuah institut apalagi di era 4.0, maka institut yang tepat dan lokasinya tepat yang berdiri di tanah negara namanya Institut Teknologi Indonesia (ITI),” ucap Airlangga dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Minggu (15/9/2019).

Menperin

 Baca Juga: 6 Fakta Prosesi Pemakaman BJ Habibie

Dia mengatakan, dalam tiga tahun terakhir, tidak ada institut yang terlengkap dan sebaik ITI.

“Jadi saya datang tugasnya disuruh itu saja sama Pak Rektor, sambil tertawa. Kita sama-sama berdoa, kita kompak, bagaimana kita mengalihkan aset yayasan ke tanah milik Nnegara,” terangnya.

“Sekarang kita bahas kajiannya seperti apa, semoga legalnya bisa diselesaikan dalam waktu dekat ini,” imbuhnya.

 Presiden Jokowi Pimpin Upacara Pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany menambahkan, sesuai pesan Habibie, dirinya bersama dengan Menteri Perindustrian dan Keluarga Besar ITI akan memperjuangkan ITI menjadi institut negeri di Banten.

“Sedang dalam kajian, dan penyelesaian legalnya, jika sudah akan dibahas bersama-sama,” katanya.

Sekadar informasi, Institut Teknologi Indonesia adalah perguruan tinggi swasta yang dibentuk oleh Persatuan Insinyur Indonesia melalui Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia untuk memenuhi kebutuhan tenaga insinyur teknik di Indonesia pada 2 Juni 1984.

Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia (YPTI) ini dipimpin oleh BJ Habibie selaku Ketua Dewan Pembina YPTI.

 BJ Habibie

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini