nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bea Cukai Dumai Sita Ribuan Ekor Belangkas Mati dalam 32 Boks Fiber

Senin 16 September 2019 16:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 16 1 2105514 bea-cukai-dumai-sita-ribuan-ekor-belangkas-mati-dalam-32-boks-fiber-hhols7o1Wf.jpg Belangkas hasil sitaan Bea Cukai Dumai (Foto: Dirjen Bea Cukai)

DUMAI – Tim Bea Cukai Dumai menggagalkan penyelundupan ribuan ekor belangkas (xiphosura) yang dikemas dalam 32 boks fiber di Panipahan, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Belangkas merupakan hewan laut dilindungi lantaran terancam punah.

Kepala Kantor Bea Cukai Dumai, Fuad Fauzi mengatakan, sebanyak 2.943 ekor belangkas dikemas dalam boks fiber untuk mengelabui petugas. Ribuan belangkas yang disita dalam kondisi mati. “Kemasan boks fiber layaknya digunakan sebagai kemasan ikan segar. Ini ditengarai untuk mengelabuhi petugas,” ujarnya.

Bea Cukai Dumai berkoordinasi dengan TNI AL Dumai, Karantina Hewan dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA), dalam menggagalkan penyelundupan belangkas tersebut. Fuad menambahkan, ribuan belangkas selanjutnya diserahkan ke BBKSDA untuk dikubur di daerah Bukit Jin, Kota Dumai.

Belangkas merupakan hewan purba yang banyak diburu lantaran dipercaya mempunyai khasiat bagi tubuh. Populasinya yang semakin sedikit menjadikan harga belangkas sangat tinggi di pasaran. Itulah sebabnya, banyak orang nekat berbisnis belangkas meski itu melanggar hukum.

“Kami imbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan illegal fishing. Mari kita jaga dan lestarikan kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia,” tegasnya.

Belangkas hidup di perairan dangkal yang payau serta kawasan mangrove. Bentuknya mirip dengan tapal kuda, sehingga kerap disebut kepiting tapal kuda.

Dalam tangga klasifikasi ilmiah, belangkas termasuk ke dalam filum Arthropoda (hewan beruas-ruas) seperti kepiting, serangga, dan kelabang. Dasar penggolongan tersebut karena belangkas memiliki enam pasang kaki dan tubuh yang beruas-ruas.

Ada empat spesies belangkas yang diketahui masih hidup hingga saat ini. Keempat spesies tersebut digolongkan ke dalam famili Limulidae. Habitat asli belangkas adalah pesisir Asia Pasifik (termasuk Indonesia), Asia Selatan, dan Amerika Utara bagian tenggara. (adv)

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini