nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Erdogan Jadi Tuan Rumah Pertemuan Putin dan Rouhani

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 16 September 2019 14:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 16 18 2105397 erdogan-jadi-tuan-rumah-pertemuan-putin-dan-rouhani-14jeK7GobB.jpg Presiden Iran Hassan Rouhani, Presiden Turki Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto/Reuters)

ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menjadi tuan rumah pertemuan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Iran Hassan Rouhani yang akan membahas soal Suriah.

Putin dan Rouhani akan bertemu di Ankara, ibu kota Turki pada Senin (16/9/2019) waktu setempat.

Iran dan Rusia telah menjadi pendukung setia Presiden Suriah Bashar al-Assad, sementara Turki menyerukan penggulingannya dan mendukung para pejuang oposisi.

Tetapi dengan posisi Assad yang semakin aman, prioritas Turki telah bergeser untuk mencegah gelombang besar pengungsi dari Idlib, kota di barat laut Suriah.

Turki prihatin dengan serangan pasukan Suriah Idlib yang didukung oleh kekuatan udara Rusia, meskipun ada serangkaian gencatan senjata.

Turki memiliki 12 pos pengamatan di Idlib. Namun pos-pos tersebut terlihat semakin terancam. Bahkan komunikasi terputus dengan salah satu pos pengamatan.

Serangan udara Rusia terus berlanjut di wilayah itu meskipun ada gencatan senjata terbaru antara Ankara dan Moskow pada 31 Agustus.

"Sejumlah besar teroris masih hadir di zona ini, dan pejuang terus menembaki posisi pasukan pemerintah," kata penasihat Pemerintah Rusia Yuri Ushakov mengutip AFP, Senin (16/9/2019).

Sementara Kepresidenan Turki mengatakan ketiga pemimpin akan membahas perkembangan terbaru di Suriah serta memastikan kondisi kembalinya para pengungsi secara sukarela dan membahas langkah bersama.

Rusia ingin ada pembentukan komite konstitusional untuk mengawasi tahap selanjutnya dari penyelesaian politik di Suriah.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini