nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Denmark Keluarkan Rp17 Miliar Demi Pensiunkan Empat Gajah dari Sirkus

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 16 September 2019 18:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 16 18 2105461 denmark-keluarkan-rp17-miliar-demi-pensiunkan-empat-gajah-dari-sirkus-gduNogLMEq.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

KOPENHAGEN – Sebagai upaya menghentikan kekejaman terhadap hewan di industri hiburan, pemerintah Denmark baru-baru ini membeli empat ekor gajah dari perusahaan sirkus agar hewan-hewan itu bisa pensiun.

Pemerintah Denmark dilaporkan membayar 11 juta kroner (sekira Rp17 miliar) untuk gajah-gajah itu. Langkah tersebut dilakukan beberapa bulan sebelum negara itu diperkirakan akan mengeluarkan larangan total terhadap hewan liar di sirkus di bawah undang-undang anti-kekejaman yang baru.

BACA JUGA: Gajah Ceking Berusia 70 Tahun Dipaksa Berparade Ikut Festival di Sri Lanka

Ramboline, Lara, Djunga dan Jenny adalah empat gajah yang beruntung, yang sekarang akan menghabiskan waktu mereka, tidak di bawah pelatihan dan penganiayaan yang mengerikan, tetapi di tengah cinta dan perhatian.

"Mereka juga mengatakan mereka belum yakin di mana gajah-gajah akan hidup tetapi siapa pun yang memiliki ruang yang sesuai harus membuat diri mereka diketahui," demikian disampaikan Kementerian Lingkungan dan Pangan Denmark dalam permohonannya sebagai dilaporkan BBC. Kementerian itu telah menanggung semua pengeluaran untuk gajah-gajah itu sampai saat ini.

Sebuah kelompok pecinta hewan, Animal Protection Denmark, akan merawat hewan-hewan itu sampai pemerintah bisa menemukan fasilitas yang dapat menampungnya.

"Gajah-gajah itu akan dikirim ke tempat yang dapat menawarkan mereka tingkat kesejahteraan tertinggi," kata surat kabar The Local, mengutip kementerian.

Namun, Copengahen Post melaporkan bahwa jumlah yang dikeluarkan dari dana pembayar pajak kepada dua perusahaan sirkus untuk mendapatkan gajah-gajah itu membuat banyak orang kesal. Pasalnya, kementerian terpaksa membayar 4 juta kroner lebih mahal dari tawaran sebelumnya.

BACA JUGA: Gajah Mengamuk di Festival Keagamaan Sri Lanka, Lukai 17 Orang

Kementerian akan segera memulai proses aplikasi untuk memilih kebun binatang yang dapat menampung gajah-gajah itu secara gratis.

"Di antara kebun binatang untuk mengekspresikan minat adalah Knuthenborg Safaripark, taman seluas 440 hektar dengan lebih dari cukup ruang untuk menampung gajah, yang telah menyelidiki kemungkinan membiarkan hewan-hewan untuk pensiun di pekarangannya," demikian ditambahkan dalam laporan Post.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini