nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hasil Studi, Minum Teh Baik bagi Kesehatan Otak

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Senin 16 September 2019 15:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 16 65 2105445 hasil-studi-minum-teh-baik-bagi-kesehatan-otak-tKtVFIKyi1.jpg Minum Teh Baik untuk Kesehatan Otak. (Foto: Okezone.com/Independent)

JAKARTA - Banyak orang menilai bahwa meminum teh tidak sehat dan membuat lemah saat memasuki usia tua. Pernyataan itu ditegaskan oleh empat peneliti dari Universitas Nasional Singapura (NUS), Cambrige University dan Essex University.

Baca Juga: Dosen IPB Racik Yogurt Probiotik untuk Pencegah Sel Kanker

Dalam makalah tersebut dikatakan bahwa konsumsi teh secara teratur dapat mengurangi kerusakan mental di usia tua.

Hanya saja, Asisten Profesor di Sekolah Kedokteran NUS Dr Feng Lei, salah satu penulis makalah, Yong Loo Lin membantah pernyataan itu. Menurut penelitian mereka mengkonsumsi teh setiap hari dapat mengurangi resiko penurunan kognitif pada orang tua. Demikian dilansir dari Business Insider Singapore, Senin (16/9/2019).

Teh

Penelitian ini dibantu oleh 36 peserta yang berusia 60 tahun ke atas dengan tingkat pendidikan yang sama dan terdiri dari 25 orang yang sering meminum teh dan 21 orang yang jarang bahkan tidak pernah sama sekali meminum teh.

Baca Juga: Mahasiswa IPB Kenalkan Gaya Hidup Asik Tanpa Plastik

Mereka meminum 15 teh hijau, teh oolong atau teh hitam setidaknya empat kali dalam seminggu.

Dalam Analisis tes neuropsikologis dan pemindaian MRI mengungkapkan bahwa peminum teh reguler memiliki kondisi otak yang lebih baik dan memiliki penuaan otak yang lebih lambat dari pada yang bukan peminum teh.

Teh juga dinilai memberikan dampak memperlambat penuaan bagi peminum aktifnya. Manfaat anti penuaan dari teh berasal dari katechin, antioksidan alami yang meningkatkan memori otak dan fungsi penalaran.

Dengan banyaknya manfaat dari teh, menandakan bahwa meminum teh bisa menjadi pilihan gaya hidup sederhana yang memiliki manfaat bagi kesehatan otak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini