nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Mobil Listrik Ciptaan Mahasiswa UMS Siap Bertarung di KMHE 2019

Bramantyo, Jurnalis · Senin 16 September 2019 21:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 16 65 2105656 3-mobil-listrik-ciptaan-mahasiswa-ums-siap-bertarung-di-kmhe-2019-44DBRGxRsl.jpg Mobil Listrik Listrik UMS (Foto: Okezone.com/Bramantyo)

SOLO - Mahasiswa Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) unjuk kebolehan dengan memamerkan tiga unit mobil rakitan menggunakan tenaga listrik. Rencananya mobil hasil rakitan para mahasiswa ini akan diujikan dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019 yang digelar di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur.

Saat menguji coba salah satu mobil bernama Electric Vehicle (EV) Trisula, Perakit mobil listrik, Ivan Dimitri Maheswara mengatakan, mobil ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal rata - rata 50 kilometer per jam.

 Baca juga: Mahasiswa Kedokteran UMS Racik Daun Sirsak Jadi Permen Obat Kanker

"Mobil ini pakai motor listrik dengan daya 1 Kw, tipenya urban dengan 4 roda. Kelasnya beda dengan dua mobil lainnya yang lebih kecil dan hanya menggunakan 3 roda," terangnya kepada Okezone saat launching di kampus UMS, Senin (16/9/2019)

 Mobil Listrik UMS (Foto: Bramantyo)

Saat uji coba, lanjutnya, daya tahan baterai mobil listrik EV Trisula yang pengerjaannya butuh waktu selama 5 bulan ini mampu bertahan selama 2 jam. "Ini masih akan kami kembangkan, agar bisa melaju lebih cepat lagi. Baterrynya juga sudah kami ganti supaya bisa bertahan lebih lama," imbuhnya.

 Baca juga: Keren! Mahasiswa Ciptakan Alat Pengolah Air Laut Jadi Garam

Di even tahunan Kemeristekdikti yang bakal berlangsung pada, Senin-Sabtu (24-29/9/2019) mendatang ini, EV Trisula akan adu cepat dengan karya mahasiswa dari perguruan tinggi lain di sirkuit JSI (Jalan Jakarta – Jalan Simpang Ijen) Kota Malang.

Sebanyak 80 peserta dari 50 perguruan tinggi se Indonesia, disebut ikut berlaga di KMHE kali ini.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini