nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trump Nyatakan Belum Siap untuk Kunjungi Pyongyang

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 17 September 2019 15:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 17 18 2105919 trump-nyatakan-belum-siap-untuk-kunjungi-pyongyang-hhMlftYHMC.jpg Foto: Reuters.

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Senin menolak berkomentar mengenai undangan dari Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un untuk mengunjungi Pyongyang. Trump mengatakan bahwa kondisinya belum siap bagi dirinya untuk melakukan kunjungan ke Korea Utara.

"Hubungannya sangat baik tetapi saya tidak ingin mengomentari itu," kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih ketika ditanya apakah Kim telah mengundangnya ke Korea Utara.

BACA JUGA: Kim Jong-un Undang Trump ke Pyongyang Melalui Surat Terbarunya

Pada Senin, surat kabar Korea Selatan Joongang Ilbo mengutip sumber-sumber diplomatik melaporkan bahwa Kim Jong-un telah mengundang Trump untuk mengunjungi Pyongyang dalam sebuah surat yang dikirim pada Agustus. Surat tersebut dikirimkan Kim di tengah mandeknya pembicaraan program nuklir antara Korea Utara dan AS.

Trump mengatakan bahwa dia “mungkin tidak” cenderung mengunjungi Korea Utara dalam waktu dekat, tetapi tidak mengesampingkan kemungkinan akan melakukan kunjungan di kemudian hari.

"Saya akan melakukannya... pada suatu waktu di masa mendatang, dan tergantung pada apa yang terjadi, saya yakin dia akan senang datang ke Amerika Serikat juga. Tapi, tidak, saya pikir itu belum siap untuk itu. Saya pikir kita masih jauh untuk pergi (ke Korea Utara), ”kata Trump sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (17/9/2019).

Laporan Joongang Ilbo menyebutkan bahwa dalam suratnya yang dikirimkan pada pekan ketiga Agustus, Kim berbicara tentang "kesediaannya" untuk melakukan puncak ketiga dan menyampaikan undangan bagi Trump untuk mengunjungi Pyongyang.

Trump dan Kim telah bertemu tiga kali sejak Juni tahun lalu untuk membahas cara-cara menyelesaikan krisis atas program rudal dan nuklir Korea Utara, tetapi baru sedikit kemajuan substantif yang dihasilkan dari pertemuan-pertemuan tersebut.

BACA JUGA: Kim Jong-un Terima Surat yang 'Sangat Baik' dari Trump

Dua pertemuan pertama mereka adalah KTT resmi, yang kedua di Vietnam pada Februari berujung pada kegagalan setelah kedua pemimpin tidak bisa mempersempit kesenjangan antara tuntutan AS untuk denuklirisasi Korea Utara dan permintaan Korea Utara untuk pembebasan dari sanksi.

Mereka bertemu untuk ketiga kalinya pada 30 Juni di Zona Demiliterisasi antara kedua Korea dan sepakat untuk memulai kembali pembicaraan tingkat kerja tetapi rencana itu belum terealisasi.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini