nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Bakal Terima Honoris Causa Bidang SDM dari UNS

Bramantyo, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 12:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 19 65 2106736 panglima-tni-marsekal-hadi-tjahjanto-bakal-terima-honoris-causa-bidang-sdm-dari-uns-h6n7QqkVMN.jpg Ilustrasi Penerimaan Gelar Doktor Honoris Causa (Foto: Okezone.com)

SOLO - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengikuti jejak mantan Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menerima gelar Doktor Kehormatan atau Honoris Causa (HC) dalam bidang Manajemen Sumber Daya Manusia dari Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo.

Rencananya, gelar Doktor Kehormatan itu akan disematkan langsung Rektor UNS Jamal Wiwoho di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS pada Jumat, 20 September 2019.

Sekretaris Senat UNS, Prof. Drs. Hasan Fauzi, MBA, PhD, Ak mengatakan, alasan UNS menyematkan gelar Doktor pada orang nomer satu dijajaran TNI ini, dikarenakan Hadi memiliki banyak kelebihan.

Terutama di bidang sumber daya manusia (SDM), Hadi dinilai memiliki konsep yang cukup bagus. Hal itu terlihat dari beberapa pemikirannya yang dituangkan dalam tulisan.

Baca Juga: Misael Natanael, Wisudawan dengan IPK 3,99 Tertinggi di ITB

Seperti dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Di mana di bidang pendidikan Hadi mendirikan Sekolah Menengah Atas Pradita Dirgantara.

Tak heran saat pemberian gelar Doktor kehormatan itu, Panglima TNI pun akan menyampaikan pidato ilmiah dengan judul `Membangun Sumber Daya Manusia Unggul dalam Menghadapi Era Perubahan Mewujudkan Indonesia Maju.

“Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memiliki kelebihan dibidang tertentu yang dipandang melebihi pada umumnya. Dan itu semua benar, sudah dibuktikan dengan diskusi bersama beliau, Senat UNS, Rektor UNS dan Wakil Rektor IV UNS selama dua kali," papar Hasan di Solo, Kamis (19/9/2019).

Menurut Hasan dalam setiap pemberian gelar Doktor kehormatan, ada beberapa pertimbangan yang dilakukan sebelum memutuskan memberikan gelar kehormatan. Sehingga pemberian gelar Doktor Kehormatan itu memiliki dasar hukum yang kuat.

“Jadi tidak asal-asalan memberikan Gelar Doktor Kehormatan, kita sesuaikan dengan Permenristekdikti Nomor 65 tahun 2016 dan juga statuta UNS. Jadi ada dasar hukum yang jelas,” terangnya.

Baca Juga: 6 Gelar Kehormatan yang Diperoleh Presiden Jokowi

Hasil dari diskusi ini kemudian disampaikan kepada anggota Senat UNS untuk meyakinkan bahwa Panglima TNI ini layak untuk memperoleh Gelar Doktor Kehormatan dari UNS.

”Intinya Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto layak untuk diberikan Gelar Doktor Kehormatan (HC) dari UNS. Dan beliau merupakan HC ke-5 dari UNS,” imbuh dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini