nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kabar Gembira, Selesai Kuliah Mahasiswa RI di Inggris Boleh Kerja dan Tinggal 2 Tahun

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Jum'at 20 September 2019 14:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 20 65 2107256 kabar-gembira-selesai-kuliah-mahasiswa-ri-di-inggris-boleh-kerja-dan-tinggal-2-tahun-3E4rj59s5P.jpg Mahasiswa Kuliah di Inggris (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah Inggris mengeluarkan kebijakan baru dengan mengeluarkan visa kerja pasca-studi 2 tahun. Dengan demikian, siswa internasional jadi bisa langsung menetap dan bekerja di Inggris dalam jangka waktu maksimal 2 tahun setelah menyelesaikan tingkat sarjana atau tingkatan lainnya.

Baca Juga: Mau Kuliah S-2 Gratis di Inggris, Nih Cara Dapatkan Beasiswanya

Ini merupakan sebuah keuntungan bagi para pelajar Indonesia yang sedang belajar di Inggris. Sebab, Setelah menjalani karier mereka di Inggris, siswa Indonesia bisa kembali ke Indonesia dengan jejaring dan keahlian yang akan menguntungkan performa kerja, kinerja bisnis perusahaan serta ekspor dan ekonomi Indonesia.

Perlu diingat, Inggris memiliki 18 dari 100 Universitas terbaik di dunia, termasuk 4 dari 10 besar (QS), dan nomor dua setelah AS sebagai tujuan studi bagi siswa internasional. 72 dari 200 Universitas dengan visi internasional di dunia berada di Inggris dan lebih dari 450.000 siswa internasional belajar di Inggris.

Baca Juga: Minat Mahasiswa Indonesia Kuliah di Inggris Kian Meningkat

Indonesia juga telah menikmati manfaat dari lembaga pendidikan kelas dunia Inggris karena tahun lalu sekitar 3.945 orang Indonesia belajar di Inggris, 68% di antaranya di tingkat pascasarjana.

“'Rute Lulusan Baru membuka kesempatan bagi siswa internasional yang berbakat, baik dalam sains dan matematika atau teknologi dan teknik, untuk belajar di Inggris dan kemudian mendapatkan pengalaman kerja yang berharga saat mereka terus membangun karier yang sukses. Ini menunjukkan pandangan global kami dan akan memastikan bahwa kami akan terus menarik talentayang terbaik dan paling cerdas," tutur Menteri Dalam Negeri Inggris Priti Patel dikutip dari press release British Embasy Jakarta, Jumat (20/9/2019).

Visa Mahasiswa

Senada dengan Patel, Duta Besar Inggris untuk Indonesia & Timor Leste Owen Jenkins juga menyetujui bahwa kerjasama Indonesia-Inggris bisa berdampak besar pada persahabatan kedua belah pihak.

“Ini adalah berita yang sangat menarik. Pendidikan tinggi adalah salah satu kekuatan terbesar Inggris, dan kami bangga berbagi keahlian ini dengan dunia. Kami berkomitmen mendukung agenda Presiden Jokowi dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia sebagai prioritas utama di masa jabatannya yang kedua. Pak Presiden mengatakan sangat penting bagi Indonesia untuk menjadi salah satu negara terkuat di dunia. Ada peluang besar bagi Inggris dan Indonesia untuk bekerja sama dalam sumber daya manusia. Kita harus terus belajar dan saling berbagi pengetahuan, kepercayaan dan pengalaman. Proteksionisme dan isolasionisme tidak akan bisa meningkatkan standar di sektor pendidikan," jelas Jenkins.

"Saya senang bahwa perubahan dalam kebijakan Inggris ini akan memberikan penghargaan kepada siswa yang datang untuk belajar di Inggris dengan harapan bisa bekerja di Inggris. Ini akan memberikan kesempatan besar untuk secara langsung menerapkan pengetahuan yang mereka pelajari dan dapatkan di Inggris. Dan ketika kembali ke Indonesia, mereka akan lebih mudah dipekerjakan dan memberikan kontribusi bagi perekonomian Indonesia. Ini akan berdampak besar bagi persahabatan Inggris dan Indonesia," tandasnya.

Sayangnya,kebijakan ini baru akan berlaku pada tahun 2020/2021 nanti. Sekarang, siswa Indonesia yang ingin bekerja di Inggris baru bisa menjalaninya selama 4-6 bulan saja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini