nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantan Anggota DPR Thailand Divonis Mati Atas Pembunuhan Seorang Pejabat

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 25 September 2019 16:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 25 18 2109229 mantan-anggota-dpr-thailand-divonis-mati-atas-pembunuhan-seorang-pejabat-uuLxx9Nmrs.jpg Ilustrasi.

BANGKOK - Pengadilan Provinsi Khon Kaen, Thailand menjatuhkan hukuman mati terhadap Nawat Tocharoensuk, seorang mantan anggota parlemen Khon Kaen atas tuduhan mendalangi pembunuhan terhadap seorang pejabat pada 2013.

Nawat dinyatakan bersalah karena merekrut seorang pembunuh bayaran yang telah didakwa sebelumnya untuk menghabisi nyawa Suchart Kotthum, mantan kepala administrator Organisasi Administrasi Provinsi Khon Kaen. Dia dijatuhi hukuman mati dan diperintahkan membayar sebesar Bt300.000 (sekira Rp138 juta) sebagai kompensasi untuk biaya pemakaman kepada keluarga korban.

Pembunuhan itu terjadi pada 3 Mei 2013 dengan seorang pria bersenjata menembak mati Suchart di depan rumahnya. Demikian diwartakan The Nation, Rabu (25/9/2019).

Pihak berwenang langsung menahan lima tersangka, termasuk dua mantan perwira polisi, atas tuduhan berkomplot melakukan pembunuhan dan pelanggaran Undang-Undang Senjata Api. Dua perwira polisi yang ditahan divonis hukuman mati dan hukuman seumur hidup, sementara tiga tersangka lainnya dibebaskan karena kurangnya bukti.

Barulah pada April 2018 Pengadilan Khon Kaen mengeluarkan surat perintah penangkapan Nawat karena mempekerjakan orang lain untuk melakukan pembunuhan, yang menyebabkan dia dijatuhi hukuman mati.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini