nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Calon Bertarung Kursi Rektor UI, Intip Visi Misinya

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Rabu 25 September 2019 11:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 25 65 2109087 3-calon-bertarung-kursi-rektor-ui-intip-visi-misinya-Jb1xQcsRX5.jpg Calon Rektor UI (Foto: Okezone.com/Youtube UI)

JAKARTA - Debat publik 3 Calon Rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2019-2024 telah dimulai. Debat terbuka tersebut dilaksanakan di Makara Art Center UI hari ini, Rabu (25/9/2019).

Di segmen pertama, ketiga calon rektor UI yaitu Prof. Dr. rer. net Abd Haris, Prof. Ari Kuncoro, S.E, M.A, Ph.D, serta Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, MPH. SpOG(K) menyampaikan visi dan misi mereka masing-masing. Para calon diberikan waktu selama 10 menit untuk menyampaikan visi dan misi mereka.

Berikut seputar visi misi para calon rektor UI:

1. Prof. Dr. rer. net Abd Haris

Dirinya ingin menjadikan UI sebagai universitas unggulan di tingkat Asia Tenggara yang mandiri, otonom, dan mampu menghadapi tantangan-tantangan global. Dirinya akan membuat UI memasuki konsep bagaimana memperluas jejaring kerjasama untuk membuat kemandirian finansial.

“Saya yakin kita akan mendapatkan ranking dan akreditasi terbaik," ujarnya.

Dirinya pun membeberkan program 90 hari pertamanya, di mana akan menyiapkan platform public secara online agar cakupan informasi lebih luas untuk masyarakat di tanah air.

“Kata kuncinya, mari kita seluruh stake holder, MWA, mahasiswa, dosen, dan lain-lain, mari kita gandengkan tangan untuk jadikan UI sebagai universitas unggulan di Asia Tenggara. Terimakasih," ujarnya.

2. Prof. Ari Kuncoro SE, MA, Ph.D

Dirinya akan menempatkan UI sebagai PTN yang bisa turut menyejahterakan rakyat Indonesia. Sebelum berkontribusi, dirinya harus melihat terlebih dahulu daya saing UI.

“Apalagi kita juga terkena disrupsi, sehingga kurikulum perlu direlevankan dan tata kelola perlu dibereskan. Nah itulah yang dilakukan universitas-universitas di dunia. Jadi visi saya adalah membuat UI sebagai universitas yang unggul, bermartabat, mandiri," jelas Ari Kuncoro.

Menurutnya, UI adalah agent of development yang juga turun memecahkan masalah Negara. Apalagi, tata kelola saat ini masih manual.

“UI mempunyai ventura dan unit kerja komersial. Selama ini, kita tidak membuat semacam holding. Saat ini indikator kita memang masih bisa ditingkatkan, seperti ranking internasional," harapnya.

3. Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, MPH. SpOG(K)

Pria kelahiran 15 Agustus 1971 tersebut mengungkapkan kalau pihak rektorat akan sering mengadakan blusukan dengan Program UI Mendengar.

"UI mengabdikan diri kepada masyarakat sehingga KKN menjadi wajib. Tidak hanya itu, employing engagement juga sangat penting. Bahkan, UI juga terus mengkoneksikan diri dengan para alumni. Dan juga ada Program UI Mendengar, nantinya akan ada blusukan dari rektorat," ujar Budi menyampaikan.

"UI untuk Indonesia, UI inspirasi Indonesia, terimakasih," tambahnya.

Sebagai informasi, debat ini akan melalui 5 segmen. Hingga berita ini ditayangkan, debat masih berlangsung di segmen kedua dan akan selesai pada pukul 13.30 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini