nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pertimbangkan 7 Hal Ini Sebelum Masuk Perguruan Tinggi

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Rabu 25 September 2019 15:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 25 65 2109186 pertimbangkan-7-hal-ini-sebelum-masuk-perguruan-tinggi-VPg5Mutewp.jpg Ilustrasi Mahasiswa. (Foto: Okezone.com/Shuttertock)

JAKARTA - Memasuki masa akhir sekolah bukan hal yang mudah untuk dilalui. Berbagai rintangan ujian harus dilalui satu per satu untuk dapat perguruan tinggi terbaik. Kelulusan tepat berada di depan mata, itu berarti kamu akan memasuki fase selanjutnya dalam hidup.

Jika tujuanmu selanjutnya adalah kuliah, maka kamu dihadapi berbagai pilihan dan pertimbangan. Berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk meneruskan perguruan tinggi, melansir dari Her Campus, Jakarta, Rabu (25/9/2019).

Baca Juga: Melihat Lagi Poster Kocak saat Demo Mahasiswa yang Bikin Ngakak

1. Peringkat Kampus Bukan Segalanya

Hal ini mungkin terdengar klasik, tapi nyatanya perigkat memang bukanlah segalanya. Pada situasi tertentu, peringkat dapat membantu untuk memberikan fakta atau statistik perguruan tinggi.

Perpustakaan

Akan tetapi, perguruan tinggi tak selalu jadi berita utama di media, bukan berarti dia berada di bawah standar. Banyak perguruan tinggi bergengsi, memiliki peringkat tinggi, dan kualitas yang baik, tetapi jangan pernah lupa untuk memilih perguruan tinggi yang memang cocok untukmu. Jangan biarkan peringkat menjadi faktor utama dalam dalam mengambil keputusan.

2. Punya Opsi Cadangan

Hidup tidak selalu berjalan sesuai rencana, itulah mengapa sangat penting untuk menjaga pilihanmu tetap terbuka. Perluas wawasan dan pertimbangkan perguruan tinggi lainnya. Hindari mendaftar ke satu perguruan tinggi walaupun kamu punya 1.500% keyakinan akan lolos. Susun daftar perguruan tinggi yang berada dalam jangkauan, target dan keselamatan untuk memiliki opsi cadangan jika beberapa aspek dari rencanamu gagal.

Baca Juga: Auto Ngakak, Viral Poster dan Spanduk saat Demo Mahasiswa Milenial

3. Perhatikan Faktor Akademik

Selain bidang atau jurusan yang diinginkan, sering kali ada faktor akademik lain yang cenderung diabaikan oleh siswa selama memutuskan pilihan di perguruan tinggi. Kamu harus mempertimbangkan melamar ke perguruan tinggi yang menawarkan beragam pilihan.

Kunjungi situs web kampus terkait untuk mendapatkan informasi yang ingin kamu dapatkan. Beberapa faktor akademik tertentu yang mungkin kamu perhatikan, yaitu pendidikan negeri atau swasta, opsi kelas online, ukuran kelas, peluang belajar di luar negeri, kursus yang diperlukan untuk mahasiswa baru, rasio mahasiswa-fakultas, dan opsi penjadwalan.

4. Pertimbangkan Lokasi dan Lingkungan

Lingkungan memiliki dampak yang sangat besar pada pengalaman kuliahmu. Jarak dari rumah ke kampus adalah salah satu hal yang perlu diingat juga. Jika kamu tidak tahan hidup tanpa melihat orang tua atau merantau, pilihlah perguruan tinggi yang tak mengharuskanmu untuk merantau ke luar daerah.

Perpustakaan

Di sisi lain, jika kamu menginginkan kebebasan untuk pindah ke lokasi yang benar-benar baru, perguruan tinggi di luar deaerah tempat tinggalmu pasti akan menarik bagi Anda. Hal-hal yang mungkin kamu pertimbangkan, yaitu akses ke toko kelontong dan belana, keamanan kota, cuaca dan iklim, biaya tiket trasnportasi, serta opsi tempat tinggal.

5. Lihat Kehidupan Mahasiswanya

Faktor penting yang perlu diingat adalah kehidupan mahasiswa. Kegiatan ekstrakurikuler, permainan sepak bola, tradisi tahunan, semua itu adalah program yang harus kamu ketahui jika kamu memiliki akses karena itu adalah bagian rekreasi besar kehidupan kampus.

6. Biaya

Bisa dibilang salah satu faktor terpenting yang ikut berperan adalah biaya. Beberapa sekolah menawarkan bantuan keuangan berupa beasiswa dalam jumlah besar. Selain biaya sekolah, pastikan untuk mempertimbangkan pengeluaran lain juga. Kamu mungkin ingin memikirkan biaya untuk mengunjungi keluarga atau tinggal di lingkungan tertentu. Analisis hal-hal ini sebelumnya untuk mendapatkan pengalaman kuliah yang lancar.

7. Dengarkan Kata Hatimu Sendiri

Hal ini mungkin terdengar klise, tetapi di tengah upaya untuk menemukan perguruan tinggi yang sempurna, kadang-kadang kamu tidak memperhatikan semua faktor kecil lainnya yang ikut bermain. Tidak setiap faktor mungkin menjadi prioritas utama, tetapi semuanya memainkan satu peran atau yang lain dalam memengaruhi pengalaman kuliah kamu secara keseluruhan. Faktor tambahan yang mungkin ingin kamu pertimbangkan adalah bantuan karir, peluang magang, penyuluhan, bantuan medis, fasilitas di dalam kampus, ukuran kampus, keragaman populasi, dan opsi transportasi

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini