nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantan Presiden Prancis Jacques Chirac Meninggal Dunia

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 26 September 2019 18:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 26 18 2109728 mantan-presiden-prancis-jacques-chirac-meninggal-dunia-zQBPE81WAY.jpg Mantan Presiden Prancis, Jacques Chirac. (Foto: Reuters)

PARIS – Mantan Presiden Prancis, Jacques Chirac yang membawa Prancis mengadopsi mata uang tunggal Eropa telah meninggal dunia di usia 86 tahun pada Kamis, 26 September. Meninggalnya Chirac dikonfirmasi oleh pihak keluarganya.

"Presiden Jacques Chirac meninggal pagi ini dikelilingi oleh keluarganya dengan damai," demikian disampaikan menantu Chirac kepada kantor berita Prancis AFP.

Majelis Nasional Prancis mengheningkan cipta selama satu menit untuk mengenang Chirac.

BACA JUGA: Mantan Presiden Prancis Dirawat di RS Akibat Infeksi Paru-Paru

Sementara Presiden Komisi Eropa dan Mantan Perdana Menteri Luksemburg, Jean-Claude Juncker, mengatakan dia "terharu dan sangat sedih " mendengar berita meninggalnya Chirac.

"Eropa tidak hanya kehilangan negarawan hebat, tetapi presiden kehilangan teman baik," kata Junker dalam sebuah pernyataan.

Chirac yang menjabat sebagai presiden Prancis selama dua masa jabatan, dari 1995-2007, membuatnya sebagai presiden Prancis dengan masa jabatan terpanjang kedua setelah pendahulunya, Francois Mitterand. Dia juga sempat menjabat sebagai perdana menteri Prancis pada dua masa bakti dari 1974-1976 dan 1986-1988.

Pada 2011, Chirac didakwa atas tuduhan menyelewengkan dana publik saat menjabat sebagai wali kota Paris.

BACA JUGA: Lama Hilang, Putri Mantan Presiden Prancis Ditemukan Tewas

Di antara reformasi politik domestik utamanya adalah pengurangan masa jabatan presiden dari tujuh menjadi lima tahun. Chirac beralih dari mendukung Gaullisme anti-Eropa menjadi pendorong konstitusi Uni Eropa yang kemudian ditolak oleh pemilih Prancis.

Pada 2005, dia menderita stroke, dan pada 2014, istrinya Bernadette mengatakan bahwa Chirac tidak akan lagi berbicara di depan umum, mencatat bahwa ia memiliki masalah ingatan. Kondisi kesehatan Chirac terus memburuk sejak dia mengundurkan diri hingga meninggal dunia pada Kamis.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini