nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tim UNS Sulap Jamu Kunyit Asem Jadi Permen Jelly

Delia Citra, Jurnalis · Jum'at 27 September 2019 15:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 27 65 2110084 tim-uns-sulap-jamu-kunyit-asem-disulap-jadi-permen-jelly-ptDb0uH90o.jpg Kunyit asam (Stylecraze)

JAKARTA – Kunyit asam yang biasa digunakan untuk membuat jamu disulap oleh Tim Pengabdian Universitas Sebelas Maret (UNS) menjadi lebih bermanfaat. Pasalnya, kunyit asam dijadikan prototype permen jelly kunyit asam.

Tim pengadian UNS tersebut diketuai oleh Wisnu Kundarto., M.Biomed., Apt, bersama Dian Eka Ermawati., M.Sc., Apt dan Yeni Farida., M.Sc., Apt.

 Baca juga: 2 Mahasiswa UNS Juara Olimpiade Statistika Nasional

Tim pengabdian Farmasi UNS melakukan kerjasama dengan produsen jamu untuk memodifikasi produk minuman jamu kunyit asam segar menjadi bentuk permen jelly. Tim pengabdian juga menyerahkan bantuan alat-alat untuk meningkatkan kapasitas produksi jamu pada Bulan Agustus kemarin.

 UNS

“Skema Program Kemitraan Masyarakat bersumber dari dana Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) UNS tahun anggaran 2019,” ujar Wisnu, dikutip dari laman resmi UNS, Jumat (27/9/2019).

 Baca juga: Sah, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Resmi Menyandang Gelar Doktor Honoris Causa

Wisnu menambahkan bahwa hasil uji organoleptik dan kesukaan terhadap prototype permen yang dihasilkan menunjukkan secara umum tekstur, aroma dan warna dapat diterima responden. Akan tetapi prototype ini masih memerlukan penyempurnaan dalam hal rasa mengingat masih berasa khas jamu sehingga masih terasa kurang manis.

Tim pengabdian masih akan terus melakukan monitoring dan evaluasi terutama dalam mengembangkan prototype sehingga dapat menjadi bentuk diversifikasi produk mitra yang lebih berkualitas dan layak jual.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini