Rektor Asal Amerika Segera Ngantor di PTS Indonesia

Taufik Budi, iNews.id · Jum'at 27 September 2019 17:53 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 27 65 2110187 rektor-asal-amerika-segera-ngantor-di-pts-indonesia-NQNqiWh98X.jpg Ilustrasi Kampus (Foto: Shutterstock)

SEMARANG - Rencana pemerintah untuk mengimpor rektor asing segera terwujud. Dalam waktu dekat rektor asal Amerika akan menjadi pemimpin perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia.

"Untuk rektor asing dari Amerika, kami bicara kemarin jadi saya berharap bisa masuk di Indonesia pada perguruan tinggi yang ada di Indonesia khususnya perguruan tinggi swasta," kata Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir di Kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes), Jumat (27/9/2019).

Baca Juga: Pemerintah Cabut Izin 243 Perguruan Tinggi Swasta

Meski demikian, Nasir belum menjelaskan perguruan tinggi yang dimaksud termasuk lokasinya. Dia hanya menyebut PTS bersangkutan telah intens berkomunikasi perihal rektor asing yang bakal menjadi pemimpin.

"Untuk PTS yang mana, belum. Tapi PTS-nya sudah komunikasi ya bisa Jakarta atau luar Jakarta," singkat dia.

Baca Juga: Menristekdikti: Kampus Swasta Ditutup karena Tak Ada Mahasiswanya

Dia mengaku pada periode pertama ini sengaja menyasar perguruan tinggi swasta terlebih dahulu. Sebab, bila perguruan tinggi negeri (PTN) terhalang oleh sejumlah aturan sehingga dibutuhkan waktu untuk revisi.

"Kalau perguruan tinggi negeri ada 24 peraturan pemerintah yang sedang diperbaiki. Kami akan jadikan satu peraturan pemerintah yang bisa memasukkan, bagaimana korporasi yang ada di perguruan tinggi, bisa menjadi organisasi menjadi lebih baik," pungkasnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini