nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demo Provokatif Anarkis, Menristekdikti: Itu di Luar Kampus

Taufik Budi, Jurnalis · Jum'at 27 September 2019 18:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 27 65 2110192 demo-provokatif-anarkis-menristekdikti-itu-di-luar-kampus-9LaNdEqE72.jpg Menristekdikti Mohamad Nasir (Foto: Okezone)

SEMARANG - Aksi unjuk rasa yang melibatkan kaum intelektual digelar di sejumlah daerah hingga Gedung DPR RI. Namun, demonstrasi juga diwarnai tindakan provokatif dan anarkis hingga menelan korban jiwa. Sejumlah orang yang diduga provokator ditangkap.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir mengatakan, aksi unjuk rasa yang berujung rusuh itu dilakukan di luar kampus. Pihaknya mengaku tak bisa melakukan pemantauan terlalu jauh karena di luar kewenangannya.

Baca Juga: Menristekdikti Imbau Mahasiswa Utamakan Dialog Akademis disbanding Anarkis

"Kalau sampai terjadi anarki dan semacam itu saya enggak tahu karena itu bukan urusan Kementerian. Kalau sudah luar kampus itu kami sudah tidak bisa mengurusi lagi," kata Nasir di Kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes), Jumat (27/9/2019).

Nasir pun meminta mahasiswa kembali ke kampus untuk menyuarakan aspirasi. Cara-cara akademik melalui jalur dialog dianggap menjadi solusi yang tepat daripada turun ke jalanan.

Demo di Gedung DPRD Kota Malang Ricuh, 3 Orang Terluka 

"Kami mengajak dialog, kalau ada masalah yang terkait dalam hal ini kita ingin membuka ruang dialog. Di mana ruang dialog akan menyelesaikan masalah secara lebih baik," lugas dia.

"Dan nanti saya minta para rektor bisa mengajak bersama para mahasiswa nanti kita salurkan (aspirasi) itu," tandasnya.

Sekadar diketahui, aksi unjuk rasa marak terjadi menuntut pembatalan revisi UU KPK dan sejumlah RUU yang dianggap bermasalah. Unjuk rasa itu kemudian meluas karena tak hanya diikuti mahasiswa tetapi juga masyarakat umum. Bahkan, pelajar STM juga turun ke jalan.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini