nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesan Sri Mulyani ke Mahasiswa Baru STAN: Jangan Pernah Khianati Negara

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Senin 30 September 2019 09:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 30 65 2110882 pesan-sri-mulyani-ke-mahasiswa-baru-stan-jangan-pernah-khianati-negara-TYsTWGtlnS.png Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone.com/Instagram/@smindrawati)

JAKARTA - Siapa yang tak kenal Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)? Lembaga pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan ini telah menjadi incaran banyak orang hingga saat ini.

Sekolah tinggi kedinasan ini baru saja menggelar proses Dinamika (Studi Perdana Memasuki Kampus) salah satunya pada, Minggu, 29 September 2019. Acara ini pun dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati beserta jajaran pejabat eselon I hadir untuk menyambut dan memberikan arahan kepada para mahasiswa baru Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN tahun 2019. Tahun ini topik Kebudayaan Indonesia dipilih dalam kegiatan Dinamika.

Baca Juga: Wisuda 4.436 Mahasiswa PKN STAN, Sri Mulyani: Jangan Berhenti Belajar dan Berpuas Diri

Menurut Sri Mulyani, topik ini adalah tema yang dirasa makin penting karena setiap daerah di Indonesia mempunyai budaya, sesuatu yang menggambarkan martabat dan akal budi sesuai dengan daerah masing-masing. Melalui kebudayaan inilah Indonesia mewariskan filosofi dan nilai-nilai dari generasi ke generasi. Dari kebudayaan yang berbeda-beda juga diharapkan dapat memunculkan sikap apresiasi, saling menghormati antar sesama.

Sri Mulyani

"Saya yakin yang duduk di hadapan saya berasal dari hampir seluruh bagian Republik Indonesia. Ada yang dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Nusa Tenggara, Maluku, Bali, Jawa dan lainnya. Dari tempat asal kalian saja sudah menggambarkan miniatur Republik Indonesia," dikutip dari Instagram resmi Menteri Sri, Jakarta, Senin (30/9/2019).

Baca Juga: Pendaftaran Sekolah Kedinasan Dibuka, STAN Paling Diminati

Tak hanya itu, lanjutnya, setiap orang dibesarkan dari keluarga yang berbeda-beda dan dari sekolah yang berasal dari lingkungan sosial yang berbeda-beda. Perbedaan tidak menandakan bahwa ada yang lebih buruk atau lebih baik dari yang lainnya. Menurutnya, masyarakat justru menjadi kaya karena perbedaan-perbedaan yang ada.

"Kalian dengan asal dan lingkungan yang berbeda-beda dapat menyatukan Indonesia menjadi lebih indah. Itulah makna perbedaan. Bhinneka Tunggal Ika," ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa saat ini para mahasiswa baru sudah menjadi bagian dari keluarga besar pengelola keuangan negara, keluarga besar Kementerian Keuangan. Oleh karena itu, dia berharap jika kejujuran dapat menjadi sikap dasar yang tidak boleh dilupakan, tidak boleh luntur oleh usia dan bertambahnya ilmu, serta tidak luntur ketika telah mendapatkan jabatan.

Sri Mulyani

Menurutnya, kejujuran harus semakin menebal seiring meningkatnya, waktu, umur dan jabatan. "Kalian sekolah di PKN STAN dibiayai oleh negara yang berasal dari uang rakyat. Jadi jangan pernah kalian pernah menjadi penghianat Republik Indonesia. Jangan pernah!" ujarnya.

Tak hanya itu, Menteri Sri menekankan kepada seluruh mahasiswa baru agar berjanji untuk setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ia berharap mereka dapat menjadi pemersatu, perekat, serta menjadi orang-orang yang membentuk institusi yang senantiasa menjaga Republik Indonesia.

"Jangan pernah lelah mencintai Indonesia!" tulis Menteri Sri Mulyani dalam akun Instagramnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini