nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Xi Jinping: Tidak Ada Kekuatan yang Dapat Mengguncang China

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 01 Oktober 2019 19:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 01 18 2111569 presiden-xi-jinping-tidak-ada-kekuatan-yang-dapat-mengguncang-china-RFnWELR6cr.jpg Presiden Xi Jinping saat Peringatan 70 Pemerintahan Partai Komunis China. (Foto/Reuters)

BEIJING - China memamerkan kekuatan militer terbesarnya dengan parade di sepanjang Chang'an Avenue utama saat negara itu merayakan 70 tahun pemerintahan komunis.

Presiden China Xi Jinping, yang mengenakan setelan khas Mao Zedong dan diapit oleh dua pendahulunya, mantan presiden Jiang Zemin dan Hu Jintao, muncul di balkon Kota Terlarang yang menghadap Lapangan Tiananmen.

Presiden Xi berbicara mencertiakan bagaimana pemimpin Partai Komunis China Mao Zedong berdiri di tempat yang sama 70 tahun yang lalu dan mendeklarasikan berdirinya Republik Rakyat China.

"Tidak ada kekuatan yang dapat mengguncang status Tanah Air kita yang agung, tidak ada kekuatan yang dapat menghentikan kemajuan rakyat dan bangsa China," katanya mengutip Strait Times, Selasa (1/10/2019).

Foto/Reuters

Baca juga: Rudal Nuklir Baru China Disebut Mampu Tembus Semua Sistem Pertahanan AS

Baca juga: Gereja-Gereja di China Diminta Ganti 10 Perintah Tuhan dengan Kutipan Presiden Xi Jinping

Xi mendesak kesetiaan kepada para pemimpin Partai Komunis dan sekali lagi bersumpah bahwa China akan mentaati prinsip "satu negara, dua sistem" untuk memastikan kemakmuran Hong Kong dan Makau yang berkelanjutan, serta mempromosikan pembangunan damai hubungan lintas-selat.

"China telah ditulis ke dalam buku-buku sejarah. China hari ini sedang dibuat oleh lebih dari satu miliar orang. China besok akan lebih baik," katanya.

Foto/Reuters

Pemimpin China telah bersumpah untuk mengembalikan negara itu menjadi negara adidaya dengan menjadikan masyarakat China sangat sejahtera pada tahun 2021, dan menjadikan China negara yang sepenuhnya berkembang, kaya, dan berkuasa pada tahun 2049.

Perayaan pada hari ini juga dilengkapi dengan pesta kembang api pada malam harinya

Tampilan kekuatan militer China di pagi hari adalah gambar kebanggaan bagi warga China.

"Saya mengambil bagian dalam salah satu gladi resik parade, saat itu menggetarkan melihat militer China," kata pegawai negeri sipil Li Yidong, (27).

Li Xuguang (29) yang bekerja di industri keamanan, mengatakan dia sangat gembira ketika pesawat terbang melewati rumahnya selama parade pada 2015 untuk memperingati peringatan 70 tahun berakhirnya Perang Dunia II.

"Tapi hari ini lebih baik," kata Li.

Berdasarkan keterangan pejabat China yang dilansir South China Morning Post, parade militer itu akan menampilkan 15.000 pasukan dari 59 unit militer, lebih dari 160 pesawat, dan 580 sistem persenjataan aktif, termasuk sistem rudal nuklir strategis DF-41, DF-31AG, dan DF-17.

Parade itu juga diharapkan akan menampilkan pesawat tempur siluman pertama angkatan udara China, J-20, pesawat tempur aktif utamanya seperti pengebom tempur J-16, jet tempur J-10 dan J-11B dan pengebom strategis Xian H-6. Dari foto-foto yang beredar beberapa waktu terakhir, helikopter bersenjata seperti Z-20, juga akan ditampilkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini