Helm dari Limbah Tandan Kelapa Sawit, Ternyata Sudah SNI Lho

Delia Citra, Okezone · Selasa 01 Oktober 2019 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 01 65 2111591 helm-dari-limbah-tandan-kelapa-sawit-ternyata-sudah-sni-lho-xNTrZMLsh3.jpg Helm Sawit (Foto: IPB)

JAKARTA - Tandan Buah Kosong Kelapa Sawit (TKKS) ternyata memiliki nilai yang tinggi di tangan Siti Nikmatin. Dia berhasil mengubah limbah menjadi sebuat helm. Jangan salah dulu, bahkan helm sudah ini sudah tersertifikasi.

Dia adalah dosen Departemen Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Institut Pertanian Bogor (IPB). Di tangannya, limbah TKKS diolah menjadi serat dengan berbagai ukuran (panjang, pendek, mikro, nano).

 Baca Juga: Momen Wisuda S2 Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, Raih IPK 3,90

Dosen tersebut juga menggunakan lignoselulosa yang terkandung dalam TKKS dan diproses menjadi serat berukuran partikel mikro sebagai penguat polimer untuk bahan baku tambahan untuk membuat helm ramah lingkungan (Green Composite).

Serat di helm ini juga berfungsi untuk menyerap benturan yang terjadi saat terjadi kecelakaan. Helm ini juga memiliki beberapa keunggulan, yaitu helm telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

 Baca Juga: Wow! Helm Terbuat dari Limbah Tandan Kelapa Sawit, seperti Apa Ya?

Helm juga mampu menyerap energi kinetik tabrakan sehingga kepala pengguna lebih terlindung. Memanfaatkan limbah kelapa sawit sehingga mengurangi masalah limbah. Serta, inovasi ini berhasil memenangkan Pemberdayaan Komunitas, Inovasi, Inisiatif, dan Penghargaan Perintis Jawa Barat 2016. Demikian seperti dilansir situs resmi IPB, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Dari 2018, Siti sudah memproduksi helm full face, helm half face, helm anak dan helm sepeda dari serat limbah TKKS. Tidak berhenti di sini, dirinya juga terus mengembangkan dengan menambahkan teknologi tahan api untuk mendapatkan serat TKKS yang memiliki ketahanan panas yang lebih tinggi.

 Helm Sawit

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini