nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demonstrasi Marak, AS Peringatkan Warganya di Indonesia

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 02 Oktober 2019 11:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 02 18 2111874 demonstrasi-marak-as-peringatkan-warganya-di-indonesia-vmwSRJwfLG.jpg Foto: Kedutaan Besar AS.

JAKARTA – Maraknya demonstrasi yang terjadi di Jakarta dan beberapa kota di Indonesia dalam beberapa hari belakangan membuat Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengeluarkan peringatan pada warganya yang berada di Indonesia.

“Sejak 24 September, demonstrasi politik telah terjadi di berbagai kota di seluruh Indonesia. Demonstrasi ini, yang dapat berlangsung dengan sedikit atau tanpa pemberitahuan, kemungkinan akan berlanjut. Sebagian besar protes telah diselenggarakan di luar gedung-gedung pemerintah, tetapi beberapa telah menyebar ke daerah perumahan, publik, dan ritel,” demikian disampaikan Kedutaan Besar AS melalui laman resminya.

BACA JUGA: Demo di DPRD Jatim Sempat Diwarnai Pelemparan Batu dan Molotov

Kedutaan AS juga mengingatkan meski demonstrasi yang terjadi umumnya berjalan damai, bentrokan antara pengunjuk rasa dengan polisi masih terjadi dan telah terjadi kerusuhan yang sebagian besar pecah pada malam hari.

“Para pengunjuk rasa telah membakar dan melemparkan bom molotov, kembang api, dan batu. Polisi telah merespons dengan langkah-langkah pengendalian massa seperti gas air mata dan meriam air.”

Warga AS di Indonesia diminta untuk mengambil langkah-langkah terkait situasi yang terjadi termasuk dengan menghindari area di mana demonstrasi terjadi, berhati-hati jika tiba-tiba ada di sekitar pertemuan besar atau protes, mengikuti perkembangan situasi melalui liputan media, membawa ponsel, dan senantiasa mewaspadai lingkungan sekitar.

BACA JUGA: Pasca-Demo Rusuh di DPR, Total 649 Orang Ditangkap Polisi

Kedubes AS juga mengingatkan bahwa “orang asing yang bergabung dengan protes di Indonesia dapat ditangkap dan / atau dideportasi”.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini