nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantan Gubernur Sulsel Zainal Basri Palaguna Tutup Usia

Herman Amiruddin, Jurnalis · Kamis 03 Oktober 2019 18:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 03 340 2112531 mantan-gubernur-sulsel-zainal-basri-palaguna-tutup-usia-iDWEegASkv.jpg Prosesi pemakaman almarhum Zainal Basri Palaguna (Foto: Herman Amiruddin)

MAKASSAR - Mantan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) ke-5 Mayjen TNI (Purn) H. Zainal Basri Palaguna tutup usia. ZB Palaguna menghembuskan nafas terakhirnya Rabu 2 Oktober 2019, pukul 16.15 WITA.

"Sebagai orang Sulawesi Selatan, kita semua merasa kehilangan atas kepergian almarhum. Beliau adalah sosok tokoh panutan bagi kita semua," ujar Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah melayat ke rumah duka di Jalan Hertasning Raya, Makassar, Rabu 2 Oktober 2019.

Baca Juga: Wartawan Senior Aristides Katoppo Meninggal Dunia 

Menurut Nurdin, almarhum merupakan pemimpin pendahulu, di mana peranannya sebagai Gubernur Sulsel serta banyaknya jasa yang telah diberikan untuk Sulsel. "Karya-karya dan jasa-jasa beliau selama menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan luar biasa untuk kita semua," urainya.

Ilustrasi 

Mantan Bupati Bantaeng dua periode ini juga berharap kepada seluruh masyarakat dan elemen di Sulsel agar sama-sama mendoakan almarhum. "Mari kita sama-sama mendo'akan almarhum," katanya.

Nurdin juga menjadi juga bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) pada acara upacara pelepasan jenazah almarhum. Sebelum dimulai upacara pelepasan jenazah, Nurdin Abdullah nampak berdiskusi dengan Kapolda Sulsel Irjen Pol Mas Guntur Laupe serta tokoh-tokoh Sulsel lainnya.

Gubernur Sulsel dan Kapolda Sulsel setelah berdiskusi sekira 24 menit di depan halaman rumah duka, langsung masuk dalam rumah duka tepatnya pukul 9.50 WITA untuk persiapan salat jenazah di kediaman pribadi almarhum.

Tidak hanya itu, di sepanjang jalan Hertasning Raya bertabur ucapan belasungkawa dari seluruh kalangan untuk Almarhum ZB Palaguna, hal tersebut merupakan bukti bila ZB Palaguna adalah sosok pemimpin yang baik bagi masyarakat Sulsel.

Gubernur Sulsel yang menjabat sejak 19 Januari 1993 sampai 19 Januari 2003 merupakan putra terbaik Sulsel yang dilahirkan di kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan, 9 Maret 1939.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini