nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Era Disrupsi Teknologi Jadi Tantangan untuk Perguruan Tinggi

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Kamis 03 Oktober 2019 13:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 03 65 2112397 era-disrupsi-teknologi-jadi-tantangan-untuk-perguruan-tinggi-cfmpBeeZJn.jpg Dirjen Belmawa (Foto: Okezone.com/Leony)

JAKARTA - Kemenristekdikti menyampaikan orasi ilmiah pada sidang terbuka senat di Universitas Tarumanegara (Untar). Hal ini dilakukan dalam rangka dies natalis ke-60 Untar.

Orasi tersebut dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Prof. Dr. Ismunandar. Dalam orasinya, dirinya membahas mengenai bagaimana perguruan tinggi dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) profesional dan berdaya saing di era disrupsi.

 Baca juga: Dies Natalis Ke-60, Untar Raih Peringkat ke-8 PTS Se-Indonesia

"Indonesia telah memasuki era disrupsi teknologi yang mengubah dunia teknologi dan bisnis secara mendalam," jelasnya, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

 Untar

Di era industri 4.0 akan memberikan efek hilangnya beberapa jenis pekerjaan. Hal ini dikarenakan pekerjaan tersebut berisiko pada otomatisasi, seperti pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya repetitif. Sementara sektor konstruksi, retail, akomodasi, dan lainnya ditaksir akan mendapatkan peningkatan.

 Baca juga: Mahasiswa Kun Shan University Ikuti Program Pembelajaran di Untar

Oleh sebab itu, hal ini merupakan tantangan bagi perguruan tinggi dan seluruh rakyat Indonesia dalam meningkatkan daya saing bangsa. Tentunya, diperlukan peningkatan dan kemajuan bagi perguruan tinggi dalam menghadapi perubahan ini.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini