nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu dan Anak Tewas dalam Kecelakaan Balon Udara di Lokasi Wisata China

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu 05 Oktober 2019 15:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 05 18 2113290 ibu-dan-anak-tewas-dalam-kecelakaan-balon-udara-di-lokasi-wisata-china-Jzphb6TVLq.jpg Foto: South China Morning Post.

BEIJING - Seorang ibu dan anaknya yang masih kecil tewas dalam kecelakaan dalam perjalanan balon pada Hari Nasional di China timur.

Insiden itu terjadi di desa ekowisata Majiagou di dekat Kota Yantai di Provinsi Shandong pada Selasa, 2 Oktober . Laporan Beijing News menyebutkan bahwa tambatan yang menahan balon itu jatuh ke tanah, dan saat naik ke udara, balon itu pecah, menewaskan wanita berusia 31 tahun yang tidak disebutkan namanya dan anak laki-lakinya yang berusia tiga tahun.

Kedua korban merupakan satu-satunya penumpang di balon tersebut. Keterangan polisi yang dilansir South China Morning Post menyebutkan bahwa lima orang telah ditahan sehubungan dengan insiden itu.

Dari video ponsel yang diterbitkan Beijing News tidak jelas seberapa jauh balon dan penumpangnya jatuh.

Menurut keterangan otoritas tanggap darurat yang dikutip surat kabar, perjalanan itu ilegal, dan saat ini sedang diselidiki. Semua kegiatan wisata di daerah Majiagou untuk sementara ditangguhkan.

Tiket lokasi wisata selama sepekan masa liburan menghabiskan biaya 70 yuan (sekira Rp138 ribu) yang termasuk tiket untuk naik balon. Laporan itu mengatakan staf taman menjanjikan pengembalian uang untuk semua tiket.

"Balon itu bukan milik kita, tetapi itu terjadi di tanah kita," kata seorang anggota staf area pemandangan Majiagou kepada The Beijing News.

"Polisi telah memutuskan bahwa ini adalah kasus kriminal. Ini ilegal, kegiatan balon ini tidak sah," kata seorang anggota tim manajemen daerah tersebut.

Pemerintah China didesak untuk memperketat pembatasan balon setelah kecelakaan di wilayah otonomi Guangxi selatan pada 2009 merenggut nyawa empat turis Belanda.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini