nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Malas Baca? Simak 4 Rahasia Bill Gates 'Taklukkan' Buku

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Senin 07 Oktober 2019 18:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 07 65 2113979 malas-baca-simak-4-rahasia-bill-gates-taklukkan-buku-9j57XLXwdd.jpg Pendiri Microsoft Bill Gates. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Buku menjadi salah satu sumber pengetahuan dalam hidup. Semakin banyak buku yang dibaca, semakin banyak wawasan yang dimiliki sehingga membuatmu menjadi orang yang cerdas.

Meski demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memulai membaca buku atau sedang membaca buku. Contohnya Founder Microsoft Bill Gates. Dia diketahui sangat gemar membaca buku. Bahkan dia enggan membaca buku yang sudah diketahuinya dan tidak akan membacanya sampai habis.

"Aku tidak akan membiarkan membaca buku yang aku tahu bahwa itu tidak akan menyelesaikannya," ungkap Bill Gates dalam sebuah video Quartz berjudul 'How Bill Gates reads books', Senin (7/10/2019).

Untuk itu, dia membeberkan beberapa cara agar bisa meraup semua pengetahuan dari buku yang dibaca. Berikut beberapa tips dari Bill Gates:

1. Catat bagian terpenting

Gates mengatakan untuk selalu berhati-hati ketika membaca. Dia menjunjung tinggi nilai konsentrasi seseorang untuk bisa mencerna buku yang dia baca.

Baca Juga: Minat Baca Rendah, Fungsi Perpustakaan Harus Ditambah

"Ketika kamu membaca buku, kamu harus berkonsentrasi. Apalagi jika buku yang kamu baca adalah non fiksi. Maka akan banyak ilmu baru yang kamu dapat," jelasnya.

Membaca

Dengan demikian, menurutnya diperlukan buku catatan agar seseorang bisa mencatat bagian-bagian penting. "Bagiku, mencatat sangat membantu bahwa Aku sudah berpikir keras. Bahkan ketika Aku tidak setuju dengan isi buku nya, Aku membutuhkan waktu lebih lama untuk membacanya karena ada banyak hal yang harus kucatat," tutur Gates.

2. Jangan memulai apa yang tidak bisa diselesaikan

Kemudian, Gates juga mengingatkan untuk tidak membaca suatu buku jika tidak ingin menyelesaikannya sejak awal. Sebagai contohnya buku fiksi yang sudah ada filmnya.

"Apa yang aku putuskan saat membaca atau tidaknya suatu buku adalah ketika mendapati bahwa aku sudah menonton filmnya," kata Gates.

Baca Juga: Rendahnya Minat Baca di Indonesia, Menristekdikti: WhatsApp Hoaks Semua yang Dibaca!

"Bahkan ketika penulisnya terkenal dengan 200-300 halaman buku, kalau Aku sudah menonton filmnya, Aku tidak mau bersusah payah dan itu adalah keputusan ku untuk membaca atau tidak," tukasnya.

3. Membaca buku cetakan atau e-book?

Gates menyatakan bahwa tidak ada salahnya beralih ke E-book. Namun, dia mengaku masih sering membaca buku di malam hari.

"Aku bisa saja beralih dari buku cetakan ke E-book. Tapi Aku masih sering membaca majalah cetakan dan buku di malam hari," aku Gates.

Bagaimanapun juga, membawa buku cetakan setiap saat merupakan hal yang konyol. Ini juga membuat Kamu terlihat kuno.

Membaca

"Aku sering membawa buku ku ke setiap perjalanan ku dan itu konyol serta sangat kuno kelihatannya," keluh beliau.

4. Beri jeda waktu membaca

Menghabiskan buku tidak harus langsung dalam sekejap. Orang sekelas Gates saja sering membaca buku hanya satu jam setiap malam. Yang terpenting baginya adalah ada progres dalam buku yang dia baca.

"Kamu bisa membaca selama 5 menit, 10 menit. Kamu tahu? Aku saja hanya membaca buku di malam hari sekitar 1 jam. Yang terpenting kamu membuat progres," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini