nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

WNA Rumania Bobol ATM di Makassar Pakai Teknik Skimming

Herman Amiruddin, Jurnalis · Rabu 09 Oktober 2019 19:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 09 609 2114905 wna-rumania-bobol-atm-di-makassar-pakai-teknik-skimming-48mUwuRKFl.jpg (Foto: Herman A/Okezone)

MAKASSAR - GA dan SR, warga negara asing (WNA) asal Rumania ditangkap tim Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sulawesi Selatan. Keduanya ditangkap aparat kepolisian setelah ketahuan membobol ATM di Makassar.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, dua pelaku mencoba mencuri uang nasabah lewat mesin ATM dengan menggunakan alat skimmer.

Aksi pelaku berakhir setelah ditemukan dua alat skimming pada dua mesin ATM yang terletak di Jalan Hertasning dan Jalan Mappanyukki, Kota Makassar pada 5 dan 7 Oktober 2019. 

"Dari situ anggota Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan bersama pihak BNI melakukan penyelidikan dengan cara membuka CCTV pada kedua ATM yang telah terpasang alat skimming tersebut," kata Dicky.

Alat skimming yang digunakan pelaku lanjut Dicky salah satunya adalah hidden camera atau CCTV yang dipasang di atas tombol pin ATM. Alat ini mampu merekam semua data para nasabah yang melakukan transaksi di ATM yang sudah dipasangi alat skimming.

Foto: Shutterstock

"Setelah data berhasil disalin, pelaku kemudian dapat memegang kendali ATM nasabah dengan memindahkan data nasabah tersebut ke ATM kosong yang memang sudah dipersiapkan," jelas Dicky

Kedua pelaku kata Dicky mengakui telah melakukan pemantauan tehadap ATM-ATM yang ada di Kota Makassar. Hal itu untuk memasang alat skimmer-nya.

"Kemudian mereka akan melakukan pengambilan uang berdasarkan data yang telah diambil. Jadi mereka punya kartu ATM kosong. Kartu ATM kosong ini setelah data diserap mereka bisa mengambil uang sampai habis kalau perlu," ungkap Dicky.

Dicky mengimbau masyarakat yang telah melakukan transaksi di dua ATM BNI yang terdapat depan Alfamidi samping kantor Pos, Jalan Hertasning dan ATM BNI, Jalan Mappanyukki, Kecamatan Mariso, Kota Makassar pada periode bulan September dan awal Oktober 2019 lalu, agar segera melakukan pengecekan untuk dapat dipastikan apakah nasabah tersebut telah menjadi korban atau tidak. (qlh) 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini