nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meteor, Meteorit, atau Meteoroid? Ini Dia Perbedaannya

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Sabtu 12 Oktober 2019 08:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 10 65 2115271 meteor-meteorit-atau-meteoroid-ini-dia-perbedaannya-puVzalYtBw.jpg Hujan Meteor. (Foto: Okezone.com/WAOW)

JAKARTA - Apakah kamu kamu pernah melihat meteor? Bagaimana dengan seberkas cahaya yang melintasi langit dan kemudian menghilang? Apakah itu meteorit? Atau justru meteoroid?

Baca Juga: Asal-usul Dinosaurus, Apakah Berbulu seperti Burung?

Meteor adalah seberkas cahaya yang dilihat di langit. Saat itu sepotong kecil materi komet atau asteroid memasuki atmosfer dengan kecepatan tinggi dan terbakar karena pemanasan gesekan dari tumbukan potongan dengan atom dan molekul di atmosfer.

Meteor

Sesaat sebelum komet atau asteroid memasuki atmosfer Bumi, mengapung melalui ruang antarplanet. Hal inilah yang kemudian disebut meteoroid.

Baca Juga: Asal-usul Lahirnya Negara Baru di Dunia, Bagaimana Ceritanya?

Sebagian besar meteoroid yang memasuki atmosfer terbakar sepenuhnya sebagai meteor. Namun dalam beberapa kasus, meteoroid itu tidak sepenuhnya terbakar, dan benda itu benar-benar membuatnya ke permukaan Bumi.

Nah, lalu apa yang dimaksud meteroit? Melansir Britannica, Jakarta, Sabtu (12/10/2019), meteroit adalah potongan yang selamat dari perjalanannya yang berapi-api. Sebuah bagian kecil yang memulai hidupnya sebagai meteoroid. Ia melayang melalui ruang di antara planet-planet.

Meteor

Hingga akhirnya membuat seberkas cahaya terang di atmosfer Bumi sebagai meteor. Jika tidak dihabis karena pemanasan akibat gesekan, ia pun akhirnya mendarat di tanah sebagai meteorit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini