nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lulus Kuliah Ingin Buka Usaha, 2 Hal Ini Perlu Disimak

Rani Hardjanti, Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 17:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 11 65 2115784 lulus-kuliah-ingin-buka-usaha-2-hal-ini-perlu-disimak-YayeVl7Au7.jpg Lulus kampus (Reuters)

JAKARTA - Jika setelah lulus kuliah tidak ingin bekerja di kantoran dan lebih tertarik menjadi pengusaha, kamu harus punya banyak ide. Meski saat ini usaha sudah banyak ragamnya, namun kamu tidak usah merasa khawatir kehabisan ide dan inovasi.

Menurut I Putu Eka Suryawan, pendiri sekaligus pemilik PT Varash Saddan Nusantara, sumber daya alam di Indonesia sangatlah melimpah, dan menurutnya, masih banyak yang luput dari perhatian.

 Baca juga: Mahasiswa Rentan Depresi, Kampus Diminta Miliki Badan Konseling

“Masih banyak yang bisa dieksplor, kalian (mahasiswa, red) tidak akan kehilangan ide,” ungkapnya memberi semangat, dalam kuliah tentang Tantangan Teknopreneur dalam Mengangkat Sumber Daya Alam Nusantara untuk Kejayaan Indonesia di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember, seperti dikutip dalam laman ITS, Jumat (11/10/2019).

 Cari Kerja

Berangkat dari pengalamannya membangun bisnis, Putu menyebutkan bahwa tantangan yang dihadapi untuk mewujudkan sebuah ide bisnis memang sangatlah banyak. Menurutnya, tantangan terberat dalam merealisasikan sebuah ide menjadi usaha adalah mengubah pola pikir.

 Baca juga: Jangan Remehkan Penampilan Saat Bekerja, Ternyata Punya 5 Kelebihan

“Karena pola pikir akan berpengaruh pada hal lainnya,” tandasnya.

Tak hanya mengubah pola pikir, masalah permodalan juga menjadi tantangan bagi para perintis usaha. Putu berpendapat bahwa ketika kita mulai merintis sebuah usaha, modal menjadi perhatian khusus. “Memang susah mencari modal, nanti kalau sudah dapat, ada ketakutan tidak balik modal,” tuturnya menambahkan.

Karena tantangan di atas, yang diperlukan oleh para perintis usaha adalah niat dan ketekunan yang juga didukung dengan mental yang kuat. Hal tersebut menjadi sangat penting mengingat proses panjang yang harus dilalui jika ingin menjadi pengusaha sukses. “Yang nantinya sukses adalah orang yang berani,” tegasnya.

Putu juga memberi saran kepada mahasiswa untuk mencoba mendirikan usaha di usia muda. Karena banyak keuntungan yang akan didapat seperti kesempatan untuk melatih diri dan menjadi lebih fokus pada bisnis yang dijalankan. “Karena kalau sudah tua, lebih banyak lagi beban yang akan ditanggung, lebih rumit lagi jika harus mengurusi usaha,” terang pria yang merintis usaha sejak 2016 ini.

Melalui Varash, pria yang pernah tinggal di Surabaya ini juga mengembangkan ekonomi kerakyatan, dengan menggerakkan para petani rempah dan membantu menyejahterakan masyarakat kecil.

Menurutnya, di sinilah peluang yang bisa diambil mahasiswa, turut mengembangkan perekonomian dan membantu Usaha Kecil Menengah (UKM) tumbuh. “UKM tumbuh, Indonesia akan kuat, apalagi dibantu dengan teknologi,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini