nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Ubah Hidupmu Agar Lebih Baik? Jawab Dahulu 5 Pertanyaan Ini

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Senin 14 Oktober 2019 16:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 14 65 2116720 ingin-ubah-hidupmu-agar-lebih-baik-jawab-dahulu-5-pertanyaan-ini-n0nEnbiFx3.jpg Menentukan hidup (Reuters)

JAKARTA - Tak semua hal yang terjadi pada kehidupan dapat berjalan sesuai dengan keinginan. Bisa saja kamu menemui situasi yang tak pernah terpikirkan sebelumnya akan terjadi.

Tak satupun orang yang dapat menunjukkan dengan tepat kapan dan dimana kehidupannya mulai menuju ke arah yang tidak diinginkan. Jika kamu sedang mengalaminya, maka kamu memiliki dua opsi yang dapat kamu lakukan.

Dua opsi tersebut yaitu, tetap di tempat atau bergerak dan mencoba sesuatu yang berbeda. Jika memilih opsi yang terakhir, kamu bisa bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan hebat untuk mengetahui apa yang dapat kamu lakukan selanjutnya.

 Baca juga: Lulus Kuliah Ingin Buka Usaha, 2 Hal Ini Perlu Disimak

Melansir Business Insider, Senin (14/10/2019), berikut pertanyaan-pertanyaan untuk bisa menyadari diri sendiri untuk mengubah hidup.

 Galau

1. Pekerjaan apa yang akan kamu pertahankan dalam hidup?

Kamu tidak harus mencintai pekerjaanmu sampai mati setiap detiknya, tetapi bekerja tanpa tujuan dan rasa kontribusi atau tingkat kenikmatan tertentu akan membahayakanmu. Berganti-ganti pekerjaan boleh dilakukan, tetapi kamu juga harus memikirkan beberapa hal, seperti bisakah situasinya diperbaiki dengan pindah ke departemen yang berbeda? Apakah kamu perlu berhenti dari pekerjaanmu dan memulai lagi dari awal? Apa pilihanmu?

 Baca juga: Mahasiswa Rentan Depresi, Kampus Diminta Miliki Badan Konseling

2. Apakah kesehatan dapat membantu atau justru merusak tujuan hidupmu?

Makan dengan benar dan berolahraga memang dapat memecahkan sebagian besar masalah kebanyakan orang. Namun, kita sering melihat ke segala arah selain yang jelas.

Jika Kamu merasa buruk secara fisik, kamu akan merasa buruk secara mental. Kamu tidak dapat menguraikan keduanya dari satu sama lain. Tanyakan pada diri sendiri apa yang dapat kamu mulai lakukan untuk menjadi lebih sehat.

3. Kapan terakhir kali kamu pergi ke luar zona nyaman?

Apakah kamu bermain aman? Kapan terakhir kali kamu mencoba mempelajari keterampilan baru yang tidak kamu kenal? Kapan terakhir kali kamu menegaskan diri dan mengatakan apa yang Anda tahu ada sesuatu yang relevan untuk dikatakan? Ketika kamu telah tinggal di zona nyaman terlalu lama, kamu akan berpikir tentang berapa lama telah menghabiskan waktu di zona nyaman tersebut dan akan terkejut ketika mengetahui jawabannya.

4. Apa yang akan terjadi jika kamu terus hidup seperti ini?

Akan seperti apa hidupmu lima, sepuluh, atau dua puluh tahun dari sekarang jika kamu terus melakukan hal-hal yang telah dilakukan? Sebisa mungkin ingatlah selalu mengapa dulu kamu mulai melakukan hal itu ketika hal yang kamu lakukan untuk mendukung tujuan-tujuan hidupmu mulai terasa membosankan.

5. Apa yang paling kamu takutkan?

Apakah kamu takut ditolak? Takut dipermalukan? Ataukah kamu takut dengan ketidakpastian?

Yakinkan apa yang menjadi ketakutanmu dan pastikan apakah yang kamu hadapi benar-benar menakutkan atau itu semua ada di kepalamu?

Adakah orang lain yang berhasil melewati situasi serupa dan melakukan hal-hal yang kamu takuti? Jika demikian, mungkin bagimu untuk menghadapi ketakutan itu dan melakukannya juga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini