nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bukan Mickey Mouse, Ternyata Ini Karakter Kartun Pertama Disney

Delia Citra, Jurnalis · Selasa 15 Oktober 2019 06:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 14 65 2116836 bukan-mickey-mouse-ternyata-ini-karakter-kartun-pertama-disney-8uU0uqk3pk.jpg Karakter Pertama Disney (Foto: Ist)

JAKARTA - Mickey Mouse hingga Donald Duck menjadi salah satu karakter yang paling terkenal besutan Walt Disney. Tapi tahu kah kamu, bahwa mereka bukan karakter pertama yang diciptakan Walt Disney.

Telinga tikus bundar Mickey, baik dalam siluet atau menghiasi topi telah menjadi salah satu logo perusahaan yang paling dikenal di dunia. Tetapi jika beberapa keputusan bisnis pada 1920-an berjalan berbeda, itu bisa jadi telinga kelinci. Demikian dilansir dari Britannica, Selasa (15/10/2019).

 Baca Juga: Walt Disney, Terbaik di Bisnis Hiburan

Ya karakter pertama besutan Disney adalah Oswald the Lucky Rabbit. Sejarah ini dimulai pada pertengahan 1920-an yang di mana Disney adalah animator muda yang memproduksi seri yang disebut Alice Comedies, film pendek yang menggabungkan cuplikan live-action dengan gambar animasi sehingga aktor manusia tampak berinteraksi dengan karakter kartun.

Lalu, pada 1927 mendapatkan keinginannya, membuat kesepakatan dengan Universal untuk menghasilkan seri baru berdasarkan petualangan karakter bernama Oswald the Lucky Rabbit. Baik nama maupun spesies dari karakter tersebut telah dipilih oleh Universal.

 Baca Juga: Jatuh Bangun Walt Disney, dari Penjual Koran hingga Animator Kawakan

Disney dan animator utamanya, Ub Iwerks mulai bekerja, tetapi film pertama mereka mengecewakan dan Universal menolak untuk merilisnya.

 Mickey Mouse

Sebagian besar kepala studio mengkritik desain karakter Oswald, yang tampak tua dan gemuk. Disney dan Iwerks kembali ke papan gambar dan menghasilkan Oswald yang tampak lebih rapi, lebih energik yang memiliki kemiripan fisik yang tidak salah dengan setiap jenis barang mewah yang akan dirancang oleh Disney.

Disney juga bersusah payah untuk menciptakan kepribadian yang berbeda bagi Oswald, membuatnya nakal dan impulsif tetapi tetap disukai.

Film pertama Oswald, Trolley Troubles, memulai debutnya pada tanggal 5 September 1927. Di dalamnya, Oswald mengendarai trem yang penuh dengan anak-anak kelinci dan aneka makhluk hidup lainnya.

Akhirnya film ini sukses, Disney dan Iwerks mulai memproduksi film-film baru dengan jadwal dua minggu. Oswald juga berfungsi sebagai pengantar Disney untuk bisnis karakter lisensi untuk barang dagangan yaitu satu bar permen bermerek Oswald yang dijual seharga lima sen.

 Walt Disney

Namun, pada suatu hari Disney bergelut dengan distributornya, Charles Mintz, karena masalah keuangan dan kreatif, dan begitu karakter Oswald terbentuk, Mintz memaksa Disney keluar dengan menyewa animatornya untuk membentuk studio baru dan kemudian menawarkan kepadanya posisi yang kurang berdaya yang dia yakin akan tolak.

Karena Disney tidak memiliki hak atas Oswald, ia terpaksa meninggalkan karakter tersebut. Dia belajar dari pelajaran yang berharga dan memastikan dia memiliki hak cipta untuk karakter berikutnya, Mickey Mouse, yang debut pada November 1928.

Saat ini Oswald terus muncul dalam film selama lebih dari satu dekade setelah kepergian Disney, meskipun dia akhirnya dibayangi oleh kreasi baru Disney.

Dalam sebuah langkah yang mengejutkan, Walt Disney Company memperoleh hak atas Oswald dari Universal pada tahun 2006, dan hari ini karakter tersebut sedang mengalami kebangkitan kembali. Oswald sekarang muncul di beberapa hiburan dan barang dagangan Disney, termasuk video game 2010 di mana ia berperan sebagai pemeran utama.

Walt Disney

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini