nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Pelantikan Presiden, Warga Jabar Diimbau Jaga Kondusivitas

CDB Yudistira, Jurnalis · Selasa 15 Oktober 2019 22:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 15 525 2117340 jelang-pelantikan-presiden-warga-jabar-diimbau-jaga-kondusivitas-qeiB5QbrEL.jpg Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko. (Foto : Dok Okezone.com/CDB Yudistira)

BANDUNG – Warga Jawa Barat (Jabar) diimbau untuk menjaga situasi ketertiban dan keamanan jelang pelantikan presiden-wakil presiden di Jakarta pada 20 Oktober 2019. Hal ini mengingat kondisi geografis Jabar yang berbatasan dengan Ibu Kota.

"Secara geografis Jabar pintu gerbang dan berbatasan dengan DKI Jakarta. Maka yang dilakukan di sini melakukan imbauan dan edukasi kepada masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan di Jabar," ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, saat ditemui di Mapolda Jabar, Selasa (16/10/2019).

Jokowi-Maruf Amin. (Foto: Okezone)

Selain itu, kepolisian juga menjalin komunikasi dengan tokoh masyarakat dan agama sebagai upaya mengantisipasi gangguan kamtibmas jelang pelantikan presiden.

"Pada hari-H (pelantikan) kita juga laksanakan preemtif, preventif, dan penindakan hukum persuasif untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat membuat mengganggu kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat-red)," ujarnya.


Baca Juga : 31 Ribu Personel Gabungan Siap Amankan Pelantikan Presiden Jokowi-Ma'ruf

Disinggung soal adanya unjuk rasa saat menjelang dan pelantikan, kepolisian tidak melarang kepada masyarakat yang ingin menyampaikan pendapat. Meski begitu, kepolisian mengimbau masyarakat untuk tidak unjuk rasa menjelang pelantikan.

"(Namun) untuk sejauh ini mengimbau untuk tidak melakukan itu (demo-red)," katanya.


Baca Juga : Laporan Pelantikan Presiden, Pimpinan MPR Datangi Kediaman Ma'ruf Amin

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini