nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tunggangi Kuda Putih, Kim Jong-un Kembali Daki Gunung Tertinggi Korea Utara

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 16 Oktober 2019 12:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 16 18 2117618 tunggangi-kuda-putih-kim-jong-un-kembali-daki-gunung-tertinggi-korea-utara-sKziwINpVp.jpg Foto: AFP.

SEOUL - Foto-foto Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un yang mendaki gunung tertinggi di Korea dengan menunggang kuda putih telah dirilis oleh media pemerintah, KCNA. Foto-foto tersebut menimbulkan dugaan bahwa Kim akan mengambil sebuah keputusan besar terkait kebijakan negara yang dipimpinnya.

Ini bukanlah pertama kalinya Kim Jong-un mendaki Gunung Paektu, gunung yang dianggap paling suci oleh warga Korea. Gunung setinggi 2.750 meter itu memiliki arti penting bagi identitas Korea Utara, dan disebut-sebut sebagai tempat kelahiran mantan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-il, ayah dari Kim Jong-un.

BACA JUGA: Kim Jong-un Daki Gunung Berapi Tertinggi di Korut

"Perjalanannya menunggang kuda di Gunung Paektu adalah peristiwa besar yang sangat penting dalam sejarah revolusi Korea," demikian dilaporkan KCNA pada Rabu.

"Duduk di punggung kuda di puncak Gunung Paektu, (dia) mengingat dengan emosi yang mendalam jalan perjuangan yang sulit yang dia lalui untuk tujuan besar membangun negara yang paling kuat, dengan keyakinan dan tekad sekuat Gunung Paektu."

Foto: Reuters.

Pada 2017, Kim Jong-un mengunjungi Gunung Paektu beberapa pekan sebelum pidato tahun barunya, di mana ia mengisyaratkan pencairan diplomatik dengan Korea Selatan.

"Beberapa pengamat Korea Selatan memperhatikan bahwa (dia) biasanya pergi ke Paektu sebelum membuat beberapa keputusan penting," kata Fyodor Tertitskiy, seorang peneliti senior di Universitas Kookmin Seoul, kepada situs berita NK News, sebagaimana dilansir BBC, Rabu (16/10/2019).

"Mengingat bahwa tidak ada kemajuan dalam pembicaraan dengan Washington, sepertinya dia harus membuat sebuah (keputusan)."

Seorang spesialis Korea Utara lainnya mengatakan foto-foto Kim di Paektu dimaksudkan untuk "memproyeksikan kewenangannya ".

"Ini mungkin tampak aneh atau lucu bagi kita, tetapi itu seharusnya terlihat epik," kata Peter Ward.

Kim dilaporkan telah mendaki Gunung Paektu setidaknya tiga kali, dan melakukan kunjungan bersama ke gunung tersebut dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada 2018.

BACA JUGA: Bersama Kim Jong-un, Presiden Korsel, Moon Jae-in Wujudkan Mimpi Daki Gunung Ikonik Paektu

KCNA sebelumnya merilis foto Kim di atas gunung, setelah tampaknya mendaki dengan sepatu kulit hitam.

Foto: AFP

Gunung Paektu adalah gunung berapi aktif yang dikatakan sebagai tempat kelahiran Dangun, pendiri kerajaan Korea pertama lebih dari 4.000 tahun yang lalu. Gunung itu berjarak ratusan kilometer dari Ibu Kota Pyongyang, dan berada tepat di perbatasan dengan antara Korea Utara dan China.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini