nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jaga Kesopanan, Anak-Anak Thailand Lepas Sepatu Sebelum Masuk Toserba

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 17 Oktober 2019 11:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 17 18 2118083 jaga-kesopanan-anak-anak-thailand-lepas-sepatu-sebelum-masuk-toserba-6sQKLY2zVK.jpg Foto: Facebook/Chanawin Sonrayothin.

SAAT berbelanja ke toko, biasanya kita tidak pernah berpikir untuk melepas alas kaki yang kita kenakan seperti saat kita berada di rumah sendiri atau berkunjung ke kediaman orang lain. Tetapi anak-anak di Thailand ini tampaknya masih polos hingga tetap melepas sepatu mereka saat masuk ke mini market sebagai bentuk sopan santun.

Dilansir AsiaOne, foto-foto anak-anak dan sepatu mereka yang diletakkan dengan rapi di pintu masuk gerai 7-Eleven telah di-posting online pada 7 Oktober dan menjadi viral. Menurut sebuah posting Facebook, anak-anak itu sebenarnya sedang dalam perjalanan karyawisata ke kota bersama guru mereka.

Karena para siswa tinggal di pegunungan, mereka tidak terbiasa dengan konsep toko serba ada (toserba) 24 jam seperti 7-Eleven.

Setelah tiba di outlet 7-Eleven, guru pergi ke toilet sementara dia membiarkan siswa yang bersemangat untuk menjelajahi tempat yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya. Ketika dia keluar dari toilet, dia disambut oleh pemandangan unik, sepatu yang ditempatkan secara teratur di ambang pintu toko.

Pemandangan itu tidak akan aneh jika terlihat di depan rumah seseorang di Thailand, mengingat kebiasaan di Asia umumnya mensyaratkan untuk melepas sepatu sebelum memasuki rumah tinggal. Namun, melepas sepatu ketika memasuki toko bukanlah norma atau budaya di Asia, atau di manapun di dunia.

Saat ditanya mengapa mereka melepaskan sepatunya, para siswa menjawab bahwa mereka melakukannya untuk menunjukkan rasa hormat terhadap tempat yang dikunjungi, pelajaran yang telah diajarkan guru mereka sebelumnya.

Perilaku mereka yang sempurna dan jawaban yang menggemaskan mendapat pujian warganet Thailand. Beberapa mencurahkan perhatian atas betapa lucunya mereka sementara yang lain memuji disiplin dan perilaku mereka. Beberapa pengguna Facebook berkomentar bahwa sang guru harus bangga mengajar murid-muridnya dengan baik.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini