nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Filipina Alami Kecelakaan Sepeda Motor di Istana Negara

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 17 Oktober 2019 15:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 17 18 2118202 presiden-filipina-alami-kecelakaan-motor-saat-berkendara-di-istana-30Juc9z9nv.jpg Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. (Foto: Reuters)

MANILA – Presiden Filipina, Rodrigo Duterte mengalami cedera ringan setelah jatuh dari sepeda motor di lapangan dekat kediamannya. Staf Duterte mengatakan kondisi presiden berusia 74 tahun itu telah berangsur membaik.

Kegemaran Duterte pada sepeda motor telah membuatnya mengalami kerusakan saraf permanen di lehernya, dan sering mengalami migrain. Kondisi tersebut, di antara banyak penyakit lainnya memastikan kondisi kesehatannya dan absennya Duterte dari mata publik sering menjadi subyek spekulasi yang kuat.

BACA JUGA: Dilaporkan Dirawat karena Gagal Jantung, Duterte Muncul Sedang Sarapan

"Saya ingin meyakinkan negara bahwa presiden aman, di tangan yang baik dan dalam kesehatan yang baik," kata Juru Bicara dan Penasihat Hukum Duterte, Salvador Panelo dalam konferensi pers sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (17/10/2019).

Duterte berkendara di sekitar halaman istana presiden pada Rabu malam dan jatuh ketika mencoba mengambil sepatunya, menyebabkan memar dan goresan ringan di siku dan lututnya, kata Panelo.

Christopher "Bong" Go, seorang senator dan ajudan terdekat Duterte, mengatakan kepada wartawan bahwa presiden telah jatuh ketika mencoba membalikkan motornya, membuatnya mengalami cedera pinggul.

Sekutu Duterte mengecilkan kekhawatiran tentang kesehatannya awal bulan ini setelah dia mengatakan kepada komunitas Filipina di Rusia bahwa ia menderita kelainan neuromuskuler kronis yang menyebabkan salah satu kelopak matanya terkulai.

Kantor kepresidenan secara rutin menepis kekhawatiran tentang kondisi kesehatan Duterte, tetapi lawannya mengatakan pemerintah tidak bersikap terbuka tentang tingkat masalahnya, yang meliputi sakit punggung, sakit tenggorokan, dan penyakit lain.

BACA JUGA: Duterte Menghilang, Publik Filipina Cemaskan Kesehatannya

Beberapa bulan setelah mulai menjabat pada 2016, Duterte berbicara tentang kesedihannya karena harus kehilangan sepeda motor kesayangannya dan memperhatikan instruksi staf keamanannya untuk menghindari sepeda motor.

Dia mengatakan telah melaju dengan sepeda motor mencapai kecepatan 180 km per jam dan memiliki Yamaha, Honda dan Harley Davidson.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini