nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yakin Lanjut S2? Ini Tips agar Kamu Tak Menyesal

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Kamis 17 Oktober 2019 15:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 17 65 2118210 yakin-lanjut-s2-ini-tips-agar-kamu-tak-menyesal-HAub2xeSMv.jpg S2 (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Seiring berjalannya waktu, kebanyakan mahasiswa yang sedang menjalani perguruan tinggi berharap setelah lulus dan menjadi sarjana akan mendapatkan pekerjaan atau lanjut belajar ke jenjang S2.

 Baca Juga: Uni Eropa Sediakan Beasiswa S2 untuk Jurnalis, Apa Persyaratannya?

Namun, banyak pertimbangan yang harus benar-benar kamu perhatikan ketika memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2.

Programme Manager Bidang Pendidikan, Delegasi Uni Eropa Destriani Nugroho mengatakan bahwa ketika memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 pastikan pastikan jurusan yang dipilih senada dengan minat diri masing-masing menghindari kesulitan dalam menjalani pendidikan.

 Baca Juga: Beasiswa Bidikmisi Entaskan Rantai Kemiskinan

"S2 itu sulit lho, makanya kalau bisa memilih jurusannya yang linear dengan jurusan sebelumnya, jadi tidak terlalu pusing ngejalaninnya nanti, apa lagi kalau pilih S2 di luar negeri. Walaupun banyak manfaatnya, tetapi pasti ada kesulitan yang akan dihadapi nantinya, terutama untuk bahasa," ujar Destriani Nugroho di Jakarta, Kamis (17/10/2019).

 Kuliah

Destriani juga mengatakan bahwa neneruskan pendidikan di luar maupun dalam negeri tidak ada bedanya, karena dia menilai di dalam negeri pun banyak universitas yang berkualitas sama dengan universitas-universitas luar negeri.

"Luar atau dalam negeri sama saja, karena sangat banyak universitas dalam negeri yang memang berkualitas, hanya saja mungkin jurusan di universitas sini belum terlalu lengkap, maka dari itu Erasmus merekomendasikan pendidikan di luar negeri," kata Destri.

Melanjutkan pendidikan ke luar negeri tentunya dapat meningkatkan nilai plus bagi kamu yang ingin bekerja, karena banyak perusahaan yang akan melihat latar belakang pendidikan sebagai lulusan internasional.

Selain itu, memilih untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri juga memungkinkan kamu untuk mendapat kesempatan mendapatkan beasiswa dari berbagai lembaga pendidikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini