nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Putra Raja Narkoba Meksiko Ditangkap, Picu Baku Tembak di Seluruh Kota

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 18 Oktober 2019 10:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 18 18 2118500 putra-raja-narkoba-meksiko-ditangkap-picu-baku-tembak-di-seluruh-kota-B4SpIa6bo9.jpg Foto: AFP.

MEXICO CITY - Pasukan keamanan Meksiko telah menangkap salah satu putra gembong narkoba terkenal Joaquín "El Chapo" Guzmán. Penangkapan itu dilaporkan terjadi di Kota Culiacán barat, benteng kartel narkoba Sinaloa yang kuat.

Penangkapan Ovidio Guzmán López memicu baku tembak sengit antara tersangka anggota kartel dengan pasukan keamanan di seluruh kota.

BACA JUGA: Raja Narkoba Meksiko, El Chapo Disidangkan, Ini Tujuh Hal yang Perlu Diketahui

“El Chapo” Guzmán, 62 tahun, dinyatakan bersalah oleh pengadilan di New York atas 10 dakwaan, termasuk perdagangan narkoba dan pencucian uang. Dia melarikan diri dari penjara Meksiko melalui sebuah terowongan pada 2015, tetapi kemudian ditangkap. Dia diekstradisi ke Amerika Serikat pada 2017.

Pada Juli, dia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup ditambah hukuman 30 tahun di AS.

Guzmán adalah mantan pimpinan kartel Sinaloa, yang menurut para pejabat merupakan pemasok narkotika terbesar ke AS.

Menyusul penangkapan “El Chapo”, putranya Ovidio Guzmán López, diyakini memainkan peran penting dalam kartel Sinaloa. Media Meksiko melaporkan bahwa dia dicari di AS atas beberapa tuduhan terkait narkoba.

Berita penangkapannya pada Kamis menyebabkan terjadinya sejumlah baku tembak di seluruh Culiacán, yang merupakan Ibu Kota Negara Bagian Sinaloa.

BACA JUGA: Raja Narkoba El Chapo Dijatuhi Hukuman Penjara Seumur Hidup oleh Pengadilan AS

Pemerintah Negara Bagian Sinaloa mengatakan pihaknya "bekerja untuk memulihkan ketenangan dan ketertiban dalam menghadapi insiden berdampak besar yang terjadi dalam beberapa jam terakhir di berbagai titik di sekitar Culiacan," demikian dilaporkan kantor berita AFP.

Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador mengatakan dia akan membuat pernyataan mengenai penangkapan Ovidio Guzmán López pada Kamis.

(DNA)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini