nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Putra El Chapo Dibebaskan Setelah Kartel Ubah Kota Jadi Medan Perang

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 18 Oktober 2019 13:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 18 18 2118582 putra-el-chapo-dibebaskan-setelah-kartel-ubah-kota-jadi-medan-perang-rth3k7cN04.jpg Anggota kartel Sinaloa bersenjata terlihat di Kota Culiacan usai baku tembak dengan pasukan federal Meksiko menyusul penahanan Ovidio Guzman, 17 Oktober 2019. (Foto: Reuters)

MEXICO CITY – Pasukan keamanan Meksiko telah melepaskan putra raja narkoba Meksiko, Joaquin “El Chapo” Guzman dari rumah di mana dia sempat ditahan. Menteri Keamanan Meksiko, Alfonso Durazo mengatakan bahwa keputusan itu diambil untuk melindungi nyawa warga.

Diberitakan sebelumnya, Ovidio Guzmán López ditangkap di Kota Culiacán, barat Meksiko yang berupakan basis kartel Sinaloa yang dipimpin El Chapo. Ovidio Guzmán diyakini memainkan peranan penting di dalam kartel Sinaloa sejak ayahnya ditangkap.

BACA JUGA: Putra Raja Narkoba Meksiko Ditangkap, Picu Baku Tembak di Seluruh Kota

Penangkapan Ovidio Guzmán López memicu pecahnya sejumlah baku tembak di seluruh Kota Culiacán, yang merupakan Ibu Kota Negara Bagian Sinaloa.

Distrik komersial Culiacan berubah menjadi seperti medan perang dengan mobil dan jip yang dibakar dan penyebaran besar kendaraan militer.

Foto: EPA.

Kepanikan menyebar di kota seiring dengan berlanjutnya pertempuran antara puluhan anggota kartel bersenjata, dengan truk pik-ap yang dipasangi senapan mesin menghadapi pasukan kepolisian dan militer.

Di tengah kekacauan, pembobolan penjara yang melibatkan sejumlah tahanan juga tampaknya terjadi di kota ketika kartel mencoba menyebar kebingungan yang lebih besar dalam upaya untuk membebaskan pemimpin mereka.

BACA JUGA: Raja Narkoba El Chapo Dijatuhi Hukuman Penjara Seumur Hidup oleh Pengadilan AS

Komentar Durazo yang dilansir Reuters itu mengikuti pernyataan sebelumnya yang tidak sepenuhnya mengklarifikasi apakah, Ovidio Guzman, masih dalam tahanan atau telah dibebaskan, setelah berjam-jam pertempuran sengit di Kota Culiacan.

Belum ada laporan resmi mengenai korban jiwa, tetapi foto-foto yang muncul tampaknya menunjukkan mayat bergeletakan di jalan-jalan kota.

Kepada kantor berita AFP, pemerintah Negara Bagian Sinaloa mengatakan pihaknya "bekerja untuk memulihkan ketenangan dan ketertiban dalam menghadapi insiden berdampak besar yang terjadi dalam beberapa jam terakhir di berbagai titik di sekitar Culiacan".

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini