Soal Pansus Papua, Delegasi DPD RI Berangkat ke Sorong untuk Dapatkan Masukan

Sabtu 19 Oktober 2019 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 19 1 2119008 soal-pansus-papua-delegasi-dpd-ri-berangkat-ke-sorong-untuk-dapatkan-masukan-MvnaMnq7vg.jpg Foto: DPR RI

SORONG - DPD RI akan membetuk panitia khusus (Pansus) Papua dalam waktu dekat guna menyelesaikan konflik-konflik di timur Indonesia itu. Dalam upaya pembentukan, perwakilan DPD berkunjung langsung ke Sorong untuk bertemu dengan pemerintah daerah.

Delegasi DPD RI dipimpin oleh Wakil Ketua I DPD RI, Nono Sampono; Wakil Ketua Komite I DPD RI, Jafar Alkatiri (Sulawesi Utara) dan beberapa anggota di antaranya Husein Alting Sjah (Maluku Utara), Namto Hui Roba (Maluku Utara), Filep Wamafma (Papua Barat) dan Mamberob Yosephus Rumakiek (Papua Barat).

Dalam kunjungan ke Sorong tersebut, delegasi DPD RI berdialog dengan Walikota Sorong, Lambert Jitmau; jajaran pimpinan dan anggota DPRD Kota Sorong, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Sorong.

Nono Sampono menyampaikan, kehadiran timnya di Kota Sorong untuk mendengar lebih banyak masukan dan informasi dari jajaran pemerintahan Kota Sorong. “Kami harus membantu Pemda dan Pemprov di Papua Barat untuk mencari solusi terbaik atas berbagai permasalahan di Papua Barat ini," tegas anggota DPD RI daerah pemilihan Provinsi Maluku ini.

Nono menambahkan, Pimpinan DPD RI akan menyetujui pembentukan Pansus Papua. Hanya saja dirinya meminta Komite I DPD RI sebagai leading sector untuk mematangkan rencana pembentukan Pansus Papua tersebut.

Ketua Komite I DPD RI, Jafar Alkatiri mengatakan, tekad Komite I DPD RI untuk membentuk Pansus Papua sudah bulat dan telah disepakati bersama melalui rapat pleno Komite I.

“Sejauh ini kami mulai merumuskan apa saja yang akan menjadi fokus dari Pansus Papua, seperti misalnya pemekaran daerah sebagai salah satu solusi di Papua, soal kelanjutan dana otonomi khusus. Pansus akan bekerja untuk mengembalikan tercapainya kesejahteraan dan keadilan di Papua Barat”, tegas Jafar. (adv)

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini