nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bendungan Jebol di Siberia Tewaskan Sedikitnya 15 Penambang Emas

Rahman Asmardika, Jurnalis · Minggu 20 Oktober 2019 11:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 20 18 2119261 bendungan-jebol-di-siberia-tewaskan-sedikitnya-15-penambang-emas-bdlEjASXof.jpg Foto: Reuters.

MOSKOW - Setidaknya 15 penambang emas tewas pada Sabtu, 19 Oktober ketika sebuah bendungan runtuh, membanjiri sebuah perkemahan penambangan artisanal di bagian terpencil Siberia. Hujan deras telah melemahkan bendungan dan air meluap, menyapu beberapa pondok tempat para penambang tinggal, sekira 160 km sebelah selatan Kota Krasnoyarsk.

Kantor berita Interfax mengutip Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan bahwa Presiden Vladimir Putin memerintahkan semua tindakan yang perlu diambil untuk membantu mereka yang terkena dampak, untuk mengidentifikasi penyebab bencana dan mencegah dampak apa pun pada area perumahan terdekat.

Rusia adalah salah satu produsen emas terbesar dunia dengan sebagian besar outputnya berasal dari tambang industri profesional besar. Namun, produksi aluvial, yang biasanya dioperasikan oleh perusahaan kecil, masih menyumbang sebagian emas negara itu.

Penambangan emas aluvial atau artisanal di Rusia biasanya berskala kecil, tetapi masih dilakukan oleh perusahaan terdaftar resmi yang seharusnya mematuhi peraturan kesehatan dan keselamatan.

Dalam sebuah pernyataan yang dilansir Reuters, pejabat Krasnoyarsk mengatakan bahwa air yang dilepaskan oleh bendungan itu membanjiri sebagian asrama di kamp rotasi tempat 74 orang tinggal, dan menambahkan bahwa 13 orang masih hilang.

Komite investigasi Rusia mengatakan telah meluncurkan penyelidikan kriminal mengenai kemungkinan pelanggaran peraturan keselamatan di tempat penambangan emas itu. Sementara pihak berwenang setempat mengatakan bendungan yang runtuh tidak didaftarkan oleh badan resmi.

Interfax mengatakan para penambang itu adalah bagian dari Sibzoloto, perusahaan Siberia yang dimiliki swasta, yang menyatukan beberapa tim penambangan rakyat. Sibzoloto tidak dapat dihubungi untuk diminta komentar.

Menurut keterangan Sergei Kashuba, kepala Uni Industri Emas Rusia, sebuah kelompok lobi non-pemerintah produsen, kepada Reuters, Sibzoloto menghasilkan sekitar 3 ton emas pada 2018. Dia menambahkan bahwa perusahaan itu bukan anggota serikat pekerja.

Rusia menghasilkan 314 ton emas pada 2018.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini