nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Canggih, Mahasiswa IPB Ciptakan Mesin Pencarian Kost dan Kontrakan Digital

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Selasa 22 Oktober 2019 14:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 22 65 2120152 canggih-mahasiswa-ipb-ciptakan-mesin-pencarian-kost-dan-kontrakan-digital-hJvrNO16H8.jpg Ilustrasi Kos-Kosan (Foto: Okezone.com/Property.com)

JAKARTA - Menyandang status mahasiswa baru terkadang membuat sebagian orang merasa bingung dan lelah akibat mempersiapkan banyak hal. Menyiapkan pakaian dan keperluan untuk berkuliah, hingga mencari tempat tinggal sudah menjadi agenda wajib mahasiswa baru, khususnya bagi perantau.

Tentunya, mencari kost atau kontrakan merupakan kegiatan yang sangat melelahkan. Selain harus mengunjungi berbagai tempat, mahasiswa juga harus memeriksa langsung kondisi tempat tinggal hingga fasilitas yang disediakan.

Baca Juga: 99 Jenis Tanaman Medis di Tapos Berhasil Dikumpulkan

Menjawab permasalahan ini, mahasiswa Insitut Pertanian Bogor (IPB) kembali menciptakan karya inovatif yang sangat bermanfaat. Mereka adalah Stiffen Firdaus, Kharis Hidayat, Angga Nugraha, Ahmad Sudrajat, Jasmine, dan Kautsar Ibrahim.

Bersama dengan sejumlah rekan lainnya, mereka berhasil menciptakan sebuah platform pencarian kost dan kontrakan sesuai pilihan mahasiswa yang diberi nama Bibikost.

IPB

Bermitra dengan sejumlah kost dan kontrakan di wilayah sekitar kampus, aplikasi Bibikost berhasil memudahkan mahasiswa dengan menampilkan sejumlah kost dalam mesin pencariannya. Hal ini dapat dilakukan mahasiswa melalui akun resmi dan mesin pencarian BOT milik mereka yang dapat diakses melalui media sosial LINE.

Stiffen mengatakan, tujuan awal dari diciptakannya Bibikost adalah ingin mempermudah mahasiswa dalam mencari kost maupun kontrakan yang sesuai dengan kriteria mereka. Ia berharap, kehadiran Bibikost dapat membuat mahasiswa dengan mudah mencari kost dan kontrakan kapan pun dan dimana pun.

Baca Juga: Helm dari Limbah Tandan Kelapa Sawit, Ternyata Sudah SNI Lho

"Karena jika dilakukan secara konvensional (mencari langsung ke lapangan) tentu sangat tidak efisien secara waktu, tenaga, dan juga uang," ujar Stiffen saat dihubungi Okezone, Selasa (22/10/2019).

Melalui mesin pencarian, mahasiswa dapat langsung menentukan kategori tertentu sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Sementara dalam tahap proses pengembangan, lanjut Stiffen, mahasiswa dapat melakukan transaksi di dalam sistem sehingga tidak perlu membawa uang cash dalam jumlah besar dan lebih terjamin keamanannya.

Inovasi ini telah membawa tim Bibikost meraih berbagai prestasi. Mereka berhasil menyabet juara pertama Business Plan tingkat Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB, serta menjadi juara pertama pada Business Plan tingkat Nasional yang diadakan oleh National Economics and Management Olympiad IPB.

Saat ini, mereka pun telah berhasil lolos dalam pendanaan Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Tak hanya itu, prestasi membanggakan juga diukir dengan lolosnya tim mereka dalam pendanaan Wirausaha Muda Pemula yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia. 

Stiffen mengaku, saat ini Bibikost hanya bisa digunakan di wilayah kampus IPB Dramaga saja. Namun, besar harapan dirinya agar platform ini bisa bermitra dengan lebih banyak kost dan kontrakan, serta dapat menjangkau seluruh wilayah kampus di Indonesia.

"Semoga bisa terus dikembangkan dalam penggunaan website dan juga aplikasi untuk kedepannya, supaya lebih memudahkan mahasiswa," tutur Stiffen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini