nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Mendikbud, Nadiem Makarim Janji Tingkatkan Kesejahteraan Guru

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 15:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 23 65 2120753 jadi-mendikbud-nadiem-makarim-janji-tingkatkan-kesejahteraan-guru-JDiqYWqg5k.jpg Nadiem Makarim Jadi Mendikbud (Foto: Okezone.com/Fakhri)

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menargetkan akan meningkatkan kesejahteraan guru hingga ingin menerapkan teknologi di bidang pendidikan.

"Dari sisi kapabilitas dan kesejahteraan guru itu adalah suatu hal yang terpenting," ujar Nadiem di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

 Baca Juga: Nadiem Makarim Jadi Mendikbud Trending Topic di Twitter

Dia juga akan menerapkan dan lebih memaksimalkan teknologi dalam dunia pendidikan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

"Peran teknologi akan sangat besar dalam semuanya, kualitas, efisiensi dan administrasi sistem pendidikan sebessar ini ya," paparnya.

 Baca Juga: Viral Video Nadiem Makarim Naik Gojek, Netizen: Bayarnya Pakai Promo Gak Ya?

Nadiem mengaku sangat berat meninggalkan Go-Jek yang merupakan perusahan yang dirintisnya dari awal. Gojek, lanjut dia, sudah seperti keluarga dalam hidupnya.

"Saya berat hati meninggalkan Go-Jek yaitu kayak anak saya, keluarga saya, saya meninggalkan itu untuk ini (Mendikbud) karena masa depannya Indonesia menurut saya ada di anak muda kita," kata dia.

 Nadiem Makarim

Kementerian Pendidikan dan Kebuyaan kembali akan melebur dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti). Ia berjanji akan melanjutkan terobosan yang telah dilakukan menteri-menteri sebelummya, yakni Mendikbud Muhadjir Effendi dan Menristek-Dikti M Nasir.

"Mereka telah melakukan berbagai macam terobosan yang akan saya lanjutkan dan akan terus saya tingkatkan," ungkapnya.

Nadiem mengaku akan menciptakam pendidikan berbasis kompetensi dan berbasis karakter. Ia pun akan melibatkan semua unsur dalam dunia pendidikan, mulai dari murid hingga gurunya sendiri.

Dia pun menilai rekam jejaknya sebagai seorang pebisnis di bidang digital, bukan seorang yang berlatarbelakang pendidikan tak akan membuat kesulitan dalam memimpin Kemendikbud.

Menurut dia, pengalamannya bisa membawa generasi Indonesia lebih baik lagi di masa depan.

"Saya akan mencoba menyambung apa yang dilakukan di institusi pendidikan, menyambung apa yang dibutuhkan di luar institusi pendidikan. Agar bisa adaptasi dengan segala perubahan itu," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini