nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa Bumi Tektonik M5,7 di Laut Sulawesi Tak Berpotensi Tsunami

Subhan Sabu, Jurnalis · Kamis 24 Oktober 2019 22:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 24 340 2121437 gempa-bumi-tektonik-m5-7-di-laut-sulawesi-tak-berpotensi-tsunami-pyy0gUgwP2.jpg Ilustrasi Gempa Bumi (foto: Shutterstock)

MANADO - Wilayah Laut Sulawesi diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan M 5,6 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi 5,7.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.11 LU dan 124.22 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 34 km arah Timur Laut Kota Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara (Sulut) pada kedalaman 251 km.

Baca Juga: Gempa M5,0 Guncang Mamberamo Tengah Papua, Tidak Berpotensi Tsunami 

Kepala Seksi Data dan Info BMKG Sulut Edward H Mengko mengatakan bahwa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat subduksi lempeng laut Maluku.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault)," ujar Mengko Kamis (24/10/2019).

Gempa Laut Sulawesi (BMKG) 

Menurutnya, guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Bitung dengan skala III Modified Mercalli Intensity (MMI). Di Luwuk, Halmahera Tengah, Halmahera Selatan, Banggai dan Taliabu kekuatan gempa berskala II sampai III MMI. Di Kotamobagu, Tondano, Bolaang Mongondow Timur dan Gorontalo, skala gempa berkekuatan II MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini Tidak Berpotensi Tsunami," jelas Mengko.

Untuk itu kepada masyarakat dia menghimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," ucap Mengko

Baca Juga: Dua Gempa Guncang Kepulauan Mentawai, Masyarakat Panik 

Beberapa masyarakat di Kotamobagu, Tutuyan dan Nuangan juga mengakui turut merasakan gempa tersebut. "Tutuyan berasa tapi tidak lama," ujar Paul Warga Boltim.

Sedangkan di Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) yang merupakan pusat gempa, getaran justru tidak dirasakan. "Laporan Petugas Piket Pusdalops BPBD Bolmong tidak merasakan Gempa," ujar Kepala Seksi Tanggap Darurat BPBD Kotamobagu, Abdul Muin.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini