nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menjadi Guru Besar, Akhirnya Rektor IPB Tunaikan Janji ke Orangtua

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Kamis 24 Oktober 2019 10:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 24 65 2121072 menjadi-guru-besar-akhirnya-rektor-ipb-tunaikan-janji-ke-orangtua-VsBRqXtIzT.jpg Guru Besar IPB (Foto: Ist)

JAKARTA - Mengenyam pendidikan setinggi-tingginya adalah impian semua orang. Untuk mencapai puncak tertinggi akademik tentunya banyak sekali tantangan yang harus dilalui.

Rektor IPB, Arif Satria resmi diangkat menjadi Guru Besar Tetap di Bidang Ekologi-Politik IPB. Keputusan ini berdasarkan surat dari Menteri Ristekdikti.

 Baca Juga: Canggih, Mahasiswa IPB Ciptakan Mesin Pencarian Kost dan Kontrakan Digital

Pria kelahiran 17 September 1971 itu merasa lega dengan gelar tersebut, karena ini merupakan mimpinya sejak awal berkarier menjadi dosen. Selain itu, Setiap saat orangtuanya juga selalu menanyakan kapan dia dapat mencapai puncak tertinggi akademik sebagai Guru Besar.

"Sekaligus lunasi janji saya ke orangtua. Saya tidak bisa membalas segala kasih sayang orangtua saya selama ini selain dengan karya-karya seperti ini. Semoga gelar guru besar ini bisa membuat orangtua saya bahagia dan bangga," ujar Arif, dalam keterangan tertulis IPB University, Kamis (24/10/2019).

 Baca Juga: 99 Jenis Tanaman Medis di Tapos Berhasil Dikumpulkan

Dengan gelar ini, Arif pun merasa tertantang untuk lebih produktif dalam menghasilkan karya-karya akademik.

"Gelar guru besar bukan akhir perjalanan akademik, tetapi harus kita anggap sebagai awal perjalanan. Sehingga harus ada karya-karya lanjutan yang lebih baik di masa mendatang. Bagaimanapun juga saya dibesarkan oleh IPB. Saatnya saya harus terus berbuat untuk kemajuan IPB," ujar Arif.

 IPB

Sebelumnya, Pada 1997 Arif diangkat menjadi dosen di Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan Fakultas Perikanan IPB, kemudian pada 2019 ini ia berhasil memperoleh gelar Guru Besar Tetap Fakultas Ekologi Manusia IPB dalam bidang Ekologi Politik.

Sampai saat ini, tercatat ia telah meluluskan 43 sarjana, 48 magister dan 14 doktor. Selain tugas utama sebagai pengajar, pada 2017 diberi amanah sebagai Rektor IPB periode 2017-2022. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Dekan FEMA selama 2 periode (2010-2017).

Tak hanya itu, Arif Satria pun aktif sebagai narasumber pada berbagai forum internasional di berbagai negara di Amerika, Eropa, Asia, Afrika dan Australia serta memiliki peran penting dalam sejumlah forum internasional bergengsi.

Rektor yang hobi bermain bulutangkis dan menciptakan lagu ini juga aktif menyuarakan ide dan gagasan untuk kemajuan bangsa melalui media massa, baik cetak, televisi maupun daring. Sumbangan ide dan pemikirannya juga telah menjadi acuan dalam sejumlah perumusan kebijakan nasional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini