Share

Realiasi 53 Taman Maju Bersama Tahun Ini Sudah di Depan Mata

Wilda Fajriah, Okezone · Sabtu 26 Oktober 2019 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 26 1 2122098 realiasi-53-taman-maju-bersama-tahun-ini-sudah-di-depan-mata-xNLIuOqHq0.jpg Foto: dok. Pemprov DKI

JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam kurun waktu dua tahun terakhir, gencar membangun infrastruktur publik sebagai ruang ketiga bagi masyarakat ibu kota. Ruang ketiga merupakan tempat berinteraksinya masyarakat, di mana setiap pembangunannya memiliki nilai bernama kesetaraan.

Salah satu pembangunan ruang ketiga yang massif dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta adalah Taman Kota. Taman Kota dapat berupa Taman Maju Bersama atau Ruang Terbuka Hijau (RTH), misalnya Taman Dukuh Atas Jakarta Pusat, Taman Kembang Kerep Jakarta Barat, dan taman yang sudah eksis dan perlu direvitalisasi agar menjadi lebih baik, seperti Taman Menteng dan Taman Lapangan Banteng di Jakarta Pusat.

"Taman Maju Bersama merupakan dari Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang telah ada. Pembangunan masing-masing Taman Maju Bersama disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar. Tidak ada kriteria khusus lokasi dalam membangun Taman Maju Bersama. Terpenting tujuan utama dibangunnya taman ini untuk menambah RTH sebagai tempat berinteraksi warga,” ungkap Kepala Dinas Kehutanan Provinsi DKI Jakarta, Suzi Marsitawati.

Pemprov DKI Jakarta menargetkan pembangunan 261 Taman Maju Bersama, sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI Jakarta 2018-2022. Arah pembangunan RTH dan seluruh pembangunan taman di Jakarta adalah agar semua penduduk dapat mengakses dalam radius kurang lebih sekitar 300 meter dengan berjalan kaki. Sehingga, taman menjadi tempat pertemuan antar perbedaan kelas sosial masyarakat, juga pertemuan antar manusia dengan alam.

dki

Taman Menteng (Foto: Pemprov DKI)

Pada tahun 2018, ditargetkan sebanyak 21 Taman Maju Bersama dibangun dengan anggaran Rp27,3 miliar. Dari target tersebut, yang masuk ke proses lelang hanya 10 Taman Maju Bersama, dan yang selesai dirampungkan sebanyak 7 Taman Maju Bersama dengan anggaran Rp10 miliar. Meskipun demikian, pada tahun 2019, target pembangunan Taman Maju Bersama naik hingga mencapai 53 taman dengan anggaran Rp130 miliar dan total luas 335.807 meter persegi.

Secara realisasi per 2 Oktober 2019, sebanyak 30 lokasi taman telah mencapai progres pembangunan sebesar 80 persen hingga 90 persen. Sisanya, telah mencapai progres antara 40 persen hingga 80 persen, yang kurang dari 40 persen terkendala lahan dan hasil lelang. Meskipun demikian, Pemprov DKI memastikan bahwa pada 10 Desember 2019, seluruh Taman Maju Bersama di 53 lokasi dapat tercapai secara pekerjaan fisik.

Keberadaan Taman Maju Bersama dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Anis, warga Jakarta Pusat, sering berkunjung ke Taman Dukuh Atas ketika akhir pekan bersama putranya. Kedatangan ia dan keluarga sekadar untuk menghilangkan penat sekaligus membawa putranya bermain.

“Anak-anak seneng di sini, bisa bebas main. Dia bertemu temen-temen baru juga,” aku Anis.

Menurutnya, keberadaan taman di tengah kota membuat kunjungan ke pusat perbelanjaan menjadi berkurang. Anaknya lebih menyukai bermain di taman kota karena bisa bebas berlari-larian.

Anis berharap, jumlah taman bisa terus bertambah dan ramah bagi anak-anak dengan diperbanyak wanaha bermain. Dia juga berharap kepada masyarakat yang datang untuk menjaga fasilitas yang ada dan menjaga kebersihan taman.

“Yang penting jangan buang sampah sembarangan, sama jangan merusak fasilitas maun tanaman-tanaman yang ada,” pungkasnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini