nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Sukses dari Lulusan Terbaik UNS: Jangan Lupa Tekad dan Tujuan

Maghfira Nursyabila, Jurnalis · Minggu 27 Oktober 2019 15:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 27 65 2122315 tips-sukses-dari-lulusan-terbaik-uns-jangan-lupa-tekad-dan-tujuan-G0Q9spzbK9.jpeg Milenial (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Siapa sangka, dengan ke tidak sengajaan dan atas pilihan teman, mahasiswi ini justru sukses dapat gelar mahasiswa terbaik di Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta.

Selama empat tahun di kota yang akrab disebut Solo itu, Ufi Sholliati berhasil berkembang dan menempa diri dengan beragam wadah dan cara tanpa lalai dengan tujuan utamanya yaitu menimba ilmu.

Mahasiswi jurusan Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) ini sukses menjadi Wisudawan Terbaik FEB UNS saat penyelenggaraan Wisuda Periode V Tahun 2019. Bahkan, gadis kelahiran Kediri, Jawa Timur itu sudah dinyatakan lolos seleksi sebagai pegawai di PT. Shoetown Ligung Indonesia, di Majalengka, salah satu perusahaan produsen alas kaki ternama di Indonesia asal Cina.

Baca Juga: Di Era Industri 4.0, Rektor UNS Ajak Wisudawan Bergerak Cepat

“Iya benar saya salah satu wisudawan terbaik. Saat ini, alhamdulillah saya juga sudah diterima kerja di salah satu perusahaan manufaktur,” jelas Ufi seperti dikutip dalam laman resmi UNS, Minggu (27/10/2019).

Sembari berproses di bangku kelas, Ufi juga aktif dengan kegiatan kerelawanan, keorganisasian BPPI dan BEM FEB UNS), ia juga sempat magang mandiri di salah satu unit layanan di FEB yakni Internship and Career Development (ICD), selain itu ia juga pernah menjadi tentor bimbingan belajar untuk membantu pemenuhan kebutuhan hariannya di Solo. Dengan semangat dan tekad yang dimiliki, Ufi juga memperoleh Beasiswa Adik Asuh dari alumnus FEB UNS sejak tahun 2016.

UNS

“Ada dua tahapan seleksi yang saya ikuti, pertama Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan wawancara dengan pengurus Kafeb (Keluarga Alumni FEB). Kemudian sekitar satu atau dua bulan saya dinyatakan lolos dan mendapat beasiswa dari alumni,” ujar Ufi.

Ufi juga mengaku bahwa dari beasiswa tersebut, tidak hanya mendapat manfaat berupa pembiayaan penuh Uang Kuliah Tungal (UKT) hingga lulus, tetapi juga pembinaan dari alumni FEB setiap semester.

“Pembinaan berupa penyampaian materi dan seringnya sesi sharing, sehingga kita tahu bagaimana dunia kerja sekarang dan apa saja yang harus kita lakukan sebagai mahasiswa dan persiapan yang harus kita lakukan saat kita nantinya masuk ke dunia kerja sehingga kita siap untuk bersaing,” imbuh Ufi.

Sebagai lulusan terbaik sekaligus terbilang beruntung karena telah mendapat pekerjaan saat sudah lulus kuliah, hal ini didapatkan Ufi dari pembinaan oleh Kakak Asuh mengenai dunia kerja.

Ufi mengatakan hal ini sangat membantunya merencanakan bidang yang akan digeluti selepas kuliah. Ufi menuturkan bahwa ia ingin bergelut di dunia usaha. Tetapi sebelum itu, ia bertekad untuk mendapatkan pekerjaan dan mengumpulkan modal usaha dari pekerjaan tersebut, seperti saat ini di mana ia sudah mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan ternama.

“Sebelum itu ingin belajar dulu di perusahaan yang bisa memberikan cukup ilmu dan modal. Sehingga saat terjun mandiri ke dunia usaha, saya sudah punya modal,” jelasnya.

UNS

Kegigihan Ufi dalam memperjuangkan cita-citanya tentu bukanlah sebuah gerak dengan entitas kosong. Ada motivasi besar yang terus mendorongnya hingga mencapai titik ini, yaitu Ayah dan Ibu.

Ufi juga berpesan untuk teman-teman mahasiswa untuk diingat dan dilakukan agar mencapai titik sukses yang diimpikan. Ufi mengatakan agar teman-teman mahasiswa selalu ingat tujuan mulia dan utama untuk menuntut ilmu. Jangan sampai terlalu larut dengan hal yang kita sukai sehingga lupa pada kewajiban dan tujuan awal kita.

“Juga jangan ragu dan malu untuk berkembang, selalu menempa diri. Sehingga tidak ada waktu untuk melakukan hal-hal negatif. Tidak lupa juga doa kedua orangtua kita dan orang-orang baik di sekitar kita,” tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini